7 Macam Rempah-Rempah Yang Dicari Bangsa Penjajah Saat Datang ke Indonesia, Harganya Selangit

7 Macam Rempah-Rempah Yang Dicari Bangsa Penjajah Saat Datang ke Indonesia, Harganya Selangit

7 Macam Rempah-Rempah Yang Dicari Bangsa Penjajah Saat Datang ke Indonsia, Harganya Selangit--

RADARMUKOMUKO.COM - Dalam pelajaran sekolah maupun catatan sejarah, Indonesia mengalami masa penjajahan cukup panjang, bukan oleh satu bangsa saja, tapi setidaknya ada lima negara pernah menjajah Indonesia. Setiap penulus maupun pengarang cerita sejarah bersepakat bahwa salah satu tujuan kedatangan bangsa asing ke Indonesia untuk mendapatkan rempah-rempah.

Adapun bangsa-bangsa yang pernah jajah Indonesia yaitu, potugis, spanyol, prancing, inggris, belanda hingga jepang.

Terus untuk apa dan rempah-rempah yang mana saja banyak dicara bangsa asing di Indonesia, baik masa penjajahan maupun era perdagangan bebas saat ini?. 

BACA JUGA:Daan Mogot Pejuang Kemerdekaan yang Disegani dan Ditakuti Penjajah, Mogot Berarti Ini

BACA JUGA:Inilah Bahasa Portugis, Salah Satu Bahasa Penjajah yang Masih Eksis di Indonesia hingga Kini

Berikut ini beberapa jenis rempah asli Indonesia dikutib dari berbagai sumber, salah satunya indonesia.go.id:

Lada

Tanaman Lada atau Piper Nigrum Linn, salah satu yang banyak diminati bangsa Eropa di Indoensia. Lada merupakan rempah-rempah berbentuk bulat-bulat kecil dan keras. Lada bisa dikeringkan hingga tahan sangat lama atau juga bisa ditumbuk untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Lada sebenarnya berasal dari daerah Ghat Barat, India. Menurut para ahli sejarah, diperkirakan pada 110-600 SM koloni Hindu yang datang ke Jawa membawa bibit lada. 

Di indonesia, lada banyak tersebar di DI Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timu, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, dan DI Yogyakarta. 

Cengkeh

Cengkeh juga merupakan rempah tanaman asli Indonesia yakni dari kepulauan Maluku, Ternate dan Tidore. Bahkan cengkeh sempat menjadi rempah yang paling mahal di Eropa yakni di masa awal ekspansi Portugis ke Maluku. 

Cengkeh tersebar di daerah Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan, dan DI Yogyakarta.

Kayu Manis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: