Benarkah Nasi Dingin Tidak Menaikan Kadar Gula Pada Penderita Diabetes, Lalu Bagaimana Dengan Nasi Panas?

Benarkah Nasi Dingin Tidak Menaikan Kadar Gula Pada Penderita Diabetes,  Lalu Bagaimana Dengan Nasi Panas?

Benarkah Nasi Dingin Tidak Menaikan Kadar Gula Pada Penderita Diabetes, Lalu Bagaimana Dengan Nasi Panas?--

Pati resisten sendiri adalah sejenis serat dan tidak bisa dicerna dalam usus halus. Serat tersebut akan langsung masuk ke dalam usus besar guna difermentasi. 

Prosesnya tubuh kita  awalnya mencerna pati untuk diubah menjadi glukosa,  dan tahapan ini yang membuat  gula dalam darah naik.

Sedang kan pada nasi putih dingin  tubuh tidak bisa mencerna kandungan pati tersebut, serat ini pun tidak bisa berubah menjadi glukosa, jadi kadar gula dalam darah bisa tetap terjaga. 

Bahkan dalam penelitian lainnya, mengkonsumsi nasi dingin bisa menurunkan resiko penyakit yang satu ini. 

Dikutip dari astronauts.id berikut keuntungan mengkonsumsi  nasi dingin bagi penderita diabaetes :

1. Bisa memantau gula darah 

Nasi panas ternya kadungan  indeks glikimik nya lebih tinggi dari pada nasi dingin, Nasi dingin mempunyai kandungan indeks glikemik yang jauh lebih rendah dan pati resisten yang cukup banyak dari nasi yang masih panas atau baru matang. 

Kesimpulanya dari faktor tersebut konsumsi nasi dingin sangat bermanfaat untuk memantau gula darah para pengidap diabetes. 

2. Pati resisten membantu kinerja insulin 

Bagi penderita diabetes tingkat 2  karena adanya gangguan dalam kinerja insulin yang membantu gula darah agar bisa masuk dalam sel untuk diubah ke dalam bentuk energi. Gangguan ini bisa mengakibatkan gula darah menumpuk sehingga kadarnya melonjak. 

BACA JUGA:Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Turunkan Lemak Dalam Tubuh

BACA JUGA:Benarkah Kacang Tanah Memiliki Tingkat Kolesterol yang Tinggi? Cek Faktanya Disini

Oleh sebab itu, kita harus tahu jika pati resesten dalam nasi dingin bisa membantu kinerja hormon insulin untuk membawa glukosa ke semua sel. Jika sel tubuh bisa memakai glukosa dengan maksimal, maka kadar gula darah mu juga menjadi tidak meningkat terlalu signifikan.

3. Makan nasi dingin memberikan efek kenyang lebih lama 

Pati resesten bisa memberikan efek kenyang lebih lama dalam tubuh, serta membantu mengintrol nafsu makan dan mengurangi asupan kalori harian secara tidak langsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: