Bupati Gencar ke Pusat, Gedung UGD 4 Puskesmas Mukomuko Susul Rumah Sakit Pratama di 2024

Bupati Gencar ke Pusat, Gedung UGD 4 Puskesmas Mukomuko Susul Rumah Sakit Pratama di 2024

Bupati Gencar ke Pusat, Gedung UGD 4 Puskesmas Mukomuko Susul Rumah Sakit Pratama di 2024--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Bangunan gedung Unit Gawat Darurat (UGD) pada 4 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) bakal menyusul pembangunan Rumah Sakit Pratama Ipuh. Sesuai target, gedung UGD 4 Puskesmas di Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu direalisasikan di 2024.       

Begitu disampaikan Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI kepada radarmukomuko.com, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Dikatakannya, peningkatan pembangunan sarana dan prasarana di bidang kesehatan merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan masyarakat. 

 ‘’Kita bersama jajaran terus berupaya menggerakkan perubahan pada layanan kesehatan masyarakat. Buah dari perjuangan itu, tahun ini pusat bantu kita dari segi penganggaran pembangunan Rumah Sakit Pratama di Ipuh. Patut kita bersyukur, tahun 2024 nanti, pusat kembali menyediakan anggaran yang cukup lumayan besar untuk pembangunan gedung UGD Puskesmas,’’ kata Bupati Sapuan. 

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Hadiri Rakornas Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah di Pusat

BACA JUGA:Pantau Jalan Inpres Mukomuko, Bupati Tekankan Kontraktor Lakukan Upaya Percepatan

Dalam upaya meningkatkan layanan bidang kesehatan, Bupati menginginkan semua Puskesmas di Kabupaten Mukomuko dilengkapi gedung UGD. UGD ini merupakan salah satu bagian kelengkapan sarana prasarana Puskesmas atau rumah sakit dalam penanganan awal bagi pasien yang menderita sakit. 

‘’Fasilitas UGD ini bagian terpenting di sebuah Puskesmas, dalam upaya penanganan pasien secara cepat,’’ ulasnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM., M.Kes menyampaikan, di tahun 2024 Pemkab Mukomuko memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp5,2 miliar yang dialokasikan untuk kegiatan pembangunan UGD Puskesmas. 

Dijelaskan Bustam, dari total dana tersebut akan direalisasikan untuk 4 kegiatan. Pembangunan gedung UGD Puskesmas Malin Deman, UGD Puskesmas Bantal, UGD Puskesmas Penarik dan UGD Puskesmas Dusun Baru V Koto. 

‘’Ada 4 gedung UGD Puskesmas yang dibangun di 2024. Masing-masingnya dianggarkan sebesar Rp1,3 miliar,’’ kata Bustam. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kamtibmas, Kapolsek Lubuk Pinang Gelar Minggu Kasih di Gereja

BACA JUGA:Pengesahan APBD Perubahan Kabupaten Mukomuko 2023

Di samping itu, Bustam Bustomo juga menyampaikan bahwa sebagian Puskesmas di Mukomuko sebelumnya sudah dilengkapi dengan sarana prasarana UGD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: