Jangan Kaget, Situs Gunung Padang Yang Bisa Merubah Sejarah, Ini Fakta Terbarunya

Jangan Kaget, Situs Gunung Padang Yang Bisa Merubah Sejarah, Ini Fakta Terbarunya

Jangan Kaget, Situs Gunung Padang Yang Bisa Merubah Sejarah, Ini Fakta Terbarunya--

RADARMUKOMUKO.COM - Keberadaan gunung padang viral, karena terungkapnya berbagai fakta yang mengejutkan masyarakat dunia. Terutama soal Situs gunung padang merupakan sebuah situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. 

Lokasi tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Namun perlu diketahui, sebetulnya situs Gunung Padang sudah sejak lama dikenal dan biasa dikunjungi para wisatawan karena pemandangannya yang indah, bahkan mirip dengan Machu Picchu di Peru. Bahkan keberadaan Gunung Padang sudah diakui pada tahun 1914 dalam Rapporten van de Oudheidkundige.

Dalam perjalanan sejarah gunung padang, Rapporten van de Oudheidkundige (ROD~ Buletin Dinas Kepurbakalaan) menuliskan mengenai keberadaan situs ini pada tahun 1914. 

Setelah itu, sejarawan asal Belanda juga menyingung situs bersejarah ini di tahun 1949. Hingga akhirnya pada tahun 1979 diadakan penelitian dan tindak lanjut situs ini. Pendapat lain, juga dikatakan, penelitian-penelitian terkait Gunung Padang sudah dimulai sejak zaman Kerajaan Sunda di bawah Raja Prabu Siliwangi yakni sekitar tahun 1482 - 1521 M. 

Penelitian tersebut disebut menjadi penelitian pertama terhadap situs megalitikum ini.

BACA JUGA:Cerita Penjajahan Yang Diajarkan di Sekolah Belanda, Berbeda Dengan Buku Sejarah Indonesia

BACA JUGA:Jepang Masuk Indonesia Sejak 1938 dan Mulai Menjajah 1942, Begini Sejarah dan Tujuannya

Situs Gunung Padang mulai rame dibahas, saat tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang melakukan penelitian lebih lanjut di Gunung Padang pada bulan Mei sampai Juni 2012. i waktu tersebut, tim menemukan adanya bukti kehidupan manusia dengan terlihat bentuk menyerupai bangunan yang diduga dibangun oleh manusia pada ribuan tahun sebelum masehi.

Kemudian pada penelitian selanjutnya ditemukan batu-batuan columnar joint atau batuan alami yang keluar dari perut Bumi. Tak hanya bebatuan, ditemukan pula pecahan keramik, artefak, dan koin yang diperkirakan terbuat dari perunggu.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta Situs Gunung Padang yang terbaru ditulis:

Situs Tertua

Usia bangunan di bawah permukaan situs Gunung Padang terbukti secara ilmiah lebih tua dari Piramida Giza Mesir

Setelah adanya uji dating Laboratorium Batan (Indonesia) dan Laboratorium Beta Analytic Miami menunjukkan bahwa material paleosoil kedalaman 4 meter pada coring bor 1 berusia 5500 +130 tahun yang lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: