Ini Sejarah ORI, Mata Uang Pertama Indonesia yang Dicetak di Tengah Perjuangan

Ini Sejarah ORI, Mata Uang Pertama Indonesia yang Dicetak di Tengah Perjuangan

Ini Sejarah ORI, Mata Uang Pertama Indonesia yang Dicetak di Tengah Perjuangan--

RADARMUKOMUKO.COM - Mata uang rupiah yang kita kenal saat ini ternyata bukanlah mata uang pertama yang dimiliki oleh Indonesia. 

Sebelum rupiah, ada mata uang yang disebut Oeang Republik Indonesia (ORI) yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1946, setahun setelah kemerdekaan RI.

ORI merupakan mata uang pertama yang dicetak oleh bangsa Indonesia sendiri tanpa campur tangan penjajah. 

ORI juga merupakan simbol dari kedaulatan dan kemandirian ekonomi Indonesia di tengah perjuangan melawan Belanda dan Jepang.

BACA JUGA:Meneer Belanda Turis Pertama Kali Datang ke Bali, Padahal Awalnya Tidak Pernah Promosi Wisata, Karena Ini

BACA JUGA:Kenali 11 Suku Nusantara Yang Terkenal Dengan Kecantikan Wanitanya Sejah Dulu Kala

Namun, pencetakan ORI tidaklah mudah, pemerintah Indonesia harus menghadapi berbagai tantangan dan rintangan, mulai dari keterbatasan bahan baku, alat cetak, tenaga kerja, hingga gangguan keamanan.

Pencetakan ORI juga harus dilakukan secara rahasia dan berpindah-pindah tempat untuk menghindari penangkapan dan penghancuran oleh musuh.

Pencetakan ORI pertama kali dimulai pada Januari 1946 di Jakarta. 

Namun, karena situasi keamanan yang tidak kondusif, pencetakan ORI di Jakarta dihentikan pada Mei 1946. Pencetakan ORI kemudian dilanjutkan di kota-kota lain, seperti Yogyakarta, Surakarta, Malang, dan Ponorogo.

Pada 30 Oktober 1946 pukul 00.00 WIB, ORI resmi ditetapkan sebagai mata uang Indonesia melalui UU RI No. 19 Tahun 1946.

Dengan penerbitan ORI, pemerintah kemudian menarik uang invasi Jepang dan Hindia Belanda yang beredar. Sebagai gantinya, setiap penduduk diberi Rp 1 sebagai pengganti sisa uang-uang tadi.

ORI terdiri dari dua seri: seri I dan seri II. Seri I memiliki nominal Rp 1, Rp 2,5, Rp 5, Rp 10, dan Rp 25. Seri II memiliki nominal Rp 50, Rp 100, Rp 500, dan Rp 1000. ORI memiliki desain yang sederhana dan berwarna-warni.

Di bagian depan ORI terdapat gambar burung garuda dan tulisan "Oeang Republik Indonesia". Di bagian belakang ORI terdapat gambar pemandangan alam dan tulisan "Djangan Meniru".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: