Burung Garuda Lambang Negara, Benar-Benar ada atau hanya Makhluk Mitos, Begini Penjelasannya

Burung Garuda Lambang Negara, Benar-Benar ada atau hanya Makhluk Mitos, Begini Penjelasannya

Burung Garuda Lambang Negara, Benar-Benar ada atau hanya Makhluk Mitos, Begini Penjelasannya--

RADARMUKOMUKO.COM - Semua orang sudah mengetahui, bahwa burung garuda merupakan lambang negara Indonesia yang menjadi kebanggaan bangsa. Walau demikian banyak yang bertanya-tanya dari mana asal Burung garuda dan apakah benar-benar ada burung hidup yang bernama garuda atau hanya makhluk mitos.

Melansir dari berbagai sumber, asal burung Garuda, ada dalam mitologi Hindu dan Buddha. 

Di dalam mitologi tersebut, Garuda dipandang sebagai seekor burung raksasa yang memiliki kekuatan yang luar biasa dan dianggap sebagai kendaraan Dewa Wisnu. 

Garuda diyakini sebagai makhluk surgawi yang memiliki sayap yang sangat lebar dan terbang dengan kecepatan yang luar biasa.

Dalam kebudayaan Indonesia, burung Garuda digunakan sebagai simbol negara sejak zaman Majapahit, yang mana gambar Garuda pertama kali ditemukan pada relief Candi Bhinneka Tunggal Ika di Jawa Timur. 

Selanjutnya, Presiden Soekarno memilih Garuda sebagai simbol negara Indonesia, yang kemudian menjadi lambang Garuda Pancasila.

BACA JUGA:Walau Diklaim Hanya Mitos, Pernyataan Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Diucapkan Soekarno

BACA JUGA:Dua Aksi Prank atau Tipu-Tipu Paling Menggemparkan di Era Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto

Juga sumber lain mengutip dari The Culture Trip, disebutkan bahwa Garuda bukan merupakan hewan asli, melainkan hanya mitologi dari kisah kuno. Tepatnya dalam epos Mahabharata, disebutkan bahwa Garuda adalah makhluk setengah manusia dan setengah burung.

Memiliki sayap merah, wajah putih, dan tubuh begitu besar sehingga menutupi matahari setiap kali ia terbang.

Garuda lahir sebagai anak pendeta, Resi Kasyapa, yang kemudian diberikan kekuatan khusus oleh para dewa sejak dia menetas.

Dari epos Mahabharata tersebut pula dibuatkan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Meski begitu, Garuda yang digunakan sebagai lambang negara tidak benar-benar mirip yang ada pada mitologi, tetapi cenderung menyerupai elang Jawa. Hanya, ada juga yang menyebut elang Jawa dan burung garuda merupakan entitas berbeda.

Garuda muncul dalam berbagai kisah, terutama di Jawa dan Bali. Dalam banyak kisah Garuda melambangkan kebajikan, pengetahuan, kekuatan, keberanian, kesetiaan, dan disiplin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: