Walau Diklaim Hanya Mitos, Pernyataan Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Diucapkan Soekarno

Walau Diklaim Hanya Mitos, Pernyataan Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Diucapkan Soekarno

Walau Diklaim Hanya Mitos, Pernyataan Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Diucapkan Soekarno--

RADARMUKOMUKO.COM - Berbagai pernyataan dan tulisan terkait masa penjajahan Belanda di Indonesia hingga 350 tahun tidak bisa dibuktikan, karena bukan begitu faktanya.

Indonesia merdeka 17 Agustus 1945. Jika Belanda menjajah selama 350 tahun, berarti sudah dimulai pada 1595. Padahal tidak ada bukti Indonesia mulai dijajah pada tahun tersebut.

Faktanya orang Belanda pertama datang ke Indonesia pada 22 Juni 1596, yaitu empat kapal dagang pimpinan Cornelis de Houtman yang merapat di Pelabuhan Banten kala itu.

Kehadiran mereka murni untuk berdagang, bukan membawa tentara menjajah Indonesia.  Dua tahun setelahnya, Belanda melanjutkan ekspedisi ke Nusantara yang dipimpin Jacob van Neck, van Heemskerck, dan van Waerwjick. 

Mereka berhasil mengambil simpati penguasa Banten yang kemudian diizinkan berdagang.

BACA JUGA:Dirut BRI Sunarso Tegaskan Posisi BRI Dukung Perekonomian Indonesia Melalui Pemberdayaan Ultra Mikro dan UMKM

BACA JUGA:Dua Aksi Prank atau Tipu-Tipu Paling Menggemparkan di Era Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto

Kalau diitung penjajahan Belanda saat pertama kali pedagang yang dipimpin Cornelis de Houtman datang ke Nusantara tahun 1596, Indonesia seharusnya baru merdeka di tahun 1946. Belanda sendiri menjajah hingga tahun 1942, sebelum akhirnya datang Inggris dan setelah itu Jepang yang menjajah tahun 1942 hingga 1945.

Banyak pendapat mengatakan masa kolonial Belanda berlangsung dari 1800-1942 yakni selama 142 tahun. 

Dan di sela-sela itu, masa penjajahan khusus Belanda dikurangi oleh masa kolonial Prancis (1800-1811) dan Inggris (1811-1816). Praktis Belanda murni menjajah Indonesia hanya 126 tahun.

Namun jangan salah, walau pernyataan Indonesia dijajah Belanda 300 hingga 350 tahun bukan salah tulis atau tidak berdasar. Dimana menurut berbagai catatan sejarah, pernyataan tersebut pernah dilontarkan oleh bapak pendiri bangsa Indonesia Ir. Soekarno dalan pidatonya ataupun saat berbicara dengan pemimpin negara lainnya, “Indonesia dijajah selama 350 tahun!”

Melansir dari ruangguru.com, ucapan Bung Karno itu hanya untuk membangkitkan semangat rakyat Indonesia saat perang mempertahankan kemerdekaan menghadapi Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia pasca proklamasi 17 Agustus 1945. 

Ucapan Bung Karno juga untuk membalas perkataan penguasa-penguasa Hindia Belanda, salah satunya Bonifacius Cornelis de Jonge, yang sempat dengan arogan berkelakar, “Belanda sudah berkuasa 300 tahun dan masih akan berkuasa 300 tahun lagi!”

Dimana pada 1936, Gubernur Jendral BC de Jonge berkata "Kami orang Belanda sudah berada di sini tiga ratus tahun dan kami akan tinggal di sini tiga ratus tahun lagi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: