8 Suku Manusia Bertubuh Pendek di Indonesia dan Dunia

8 Suku Manusia Bertubuh Pendek di Indonesia dan Dunia

Penduduk Suku Mbuti rata-rata memiliki tubuh yang pendek --

BACA JUGA:Suku Dogon, Manusia Misterius Yang Memahami Kondisi Planet Tanpa Teknologi Canggih

Warga Desa Yangsi

Di Tiongkok bagian barat daya, Provinsi Sichuan, ada sebuah desa terpencil yang bernama Desa Yangsi yang mana 40 persen masyarakatnya bertubuh kerdil. 

Bahkan dikarenakan banyaknya orang-orang bertubuh cebol ini, tidak sedikit masyarakat luar yang menyebut desa ini dengan nama “Desa Kurcaci.”

Tinggi rata-rata dari orang dewasa yang bertubuh cebol di Desa Yangsi adalah 90 cm dan yang terpendek adalah 60 cm saja. 

BACA JUGA:Tradisi Memotong Kepala Musuh Bukti Kemenangan Suku Lainong

Menurut cerita rakyat sekitar, kondisi tersebut disebabkan ulah roh jahat yang sengaja memberikan kutukan kepada leluhur mereka dan terus menimpa anak cucunya hingga sekarang.

Hobit Flores

Memang tidak dapat dikatakan sebuah suku apalagi perkampungan, namun pada tahun 2004 lalu, telah ditemukan sebuah fosil manusia berukuran kecil di Liang Boa, Flores. 

Berdasarkan penemuan fosil ini, penelitian secara terus menerus dilakukan untuk mengetahui jenis apakah tulang belulang yang ditemukan tersebut. 

BACA JUGA:9 Suku Yang Memiliki Tradisi Paling Nyeleneh, Bikin Merinding

Apakah dari bangsa kera ataukah memang ada manusia kerdil atau yang disebut hobit pernah tinggal di sana.

Setelah lama melakukan penelitian, akhirnya terungkap bahwa memang fosil tulang tersebut adalah milik manusia yang berukuran lebih kecil dari manusia normal yang mana mendiami daerah tersebut sekitar 200 ribu tahun lalu. 

Para peneliti akhirnya memberikan nama untuk jenis baru ini, yaitu Homo floresiensis.

Suku Mante

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: