Keunikan Suku Huli, Suami Istri Atau Pria da Wanita Beda Rumah

Keunikan Suku Huli, Suami Istri Atau Pria da Wanita Beda Rumah

Keunikan Suku Huli, Suami Istri Atau Pria da Wanita Beda Rumah-Istimewa-

RADARMUKOMUKO.COM - Diketahui, Suku Huli di dataran tinggi di Pulau Laut Selatan, Pa­pua New Guinea memiliki tradisi unik yang tidak habis pikir. 

Dilansir dari analisadaily.com, kebiasaan yang menjadi perhatian dari Suku Huli, pria dan wanita bertempat tinggal terpisah. Anak laki-laki tinggal bersama Ibunya menjelang dewasa, setelah dewasa pindah ke rumah ayahnya.

Laki-laki yang belum menikah ber­kumpul bersama dalam satu kelompok di dalam sebuah rumah, kebiasaan ini saat ini sudah mulai ditinggalkan dan jarang ditemukan lagi.

Gubuk pria secara tradisional berada di tengah perkampungan, biasa­nya gubuk tersebut dijadikan sebagai tempat pertemuan dan kegiatan lainnya, terkadang gubuk tersebut dijadikan juga sebagai menginap atau tidur bersama.

BACA JUGA:Tiga Suku Yang Punah Karena Sengaja Dibunuh Demi Kekuasaan dan Tanah

Sedangkan tempat tinggal perempuan berada terpisah dengan gubuk laki-laki. Gubuk mereka berada disekitar gubuk keluarga mereka.

Pakaian tradisional Suku Huli, kaum laki-laki biasanya menghias badan mereka dengan tanah liat dan memakai penutup kepala (tampah) untuk upacara adat.

Selain itu mereka juga mewarnai rambut dan wajahnya, dan menambahkan bulu burung dan beberapa jenis bunga untuk menghiasi penutup kepala mereka.

BACA JUGA:Suku Minangkabau, Dari 4 Suku Menjadi Banyak Bahkan Ada di Negeri Sembilan Malaysia

Orang Eropa baru menemukan mereka pada tahun tahun 1935 dan diperkirakan mereka sudah berada disana sekitar 1.000 tahun.

Ada kemungkinin suku Huli memiliki nenek moyang yang sama dengan masyarakat Irian Jaya (Papua). Sebab ada kemiripan antara keduanya, yaitu berbadan kekar, Kulit sawo matang agak gelap dan memiliki rambut keriting.

Suku Huli dikelompokkan ke da­lam marga yang disebut (hami­gini) dan submarga yang disebut (hamigini emene). Marga dari suku ini mendiami wilayah tertentu dan sistem ke­anggotaan berdasarkan pada kekerabatan turun menurun.

BACA JUGA:Kehebatan 'Pasukan Hantu' Suku Dayak Rontokkan Penjajah Belanda dan Jepang

Submarga adalah kelompok kecil yang merupakan bagian dari marga induknya yang membentuk tatanan kemasyarakatan Suku Huli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: