10 Suku Terasing Indonesia Yang Sulit Ditemui dan Punya Aturan Sendiri

10 Suku Terasing Indonesia Yang Sulit Ditemui dan Punya Aturan Sendiri

10 Suku Terasing Indonesia Yang Sulit Ditemui dan Punya Aturan Sendiri --

Selain sebagai suku pedalaman terasing di Indonesia, kedua suku ini juga merupakan suku kanibal. Mereka akan memakan sesamanya sebagai bentuk hukuman atau digunakan sebagai sistem peradilan yang dianut oleh mereka. 

Suku Kajang

Suku kajang, suku yang terletak di Kabupaten Bulukumba ini boleh disebut sebagai suku terasing sekaligus ditakuti. Beberapa kalangan dari suku Kajang memang sudah semakin terbuka dengan kehidupan perkotaan, tapi suku ini juga punya sejumlah kelompok yang hidup terasing di tengah hutan.

Suku yang identik dengan busana serba hitam ini juga dipercaya memiliki kekuatan magis yang besar. Hal tersebut yang membuatnya dikenal menakutkan bagi banyak kalangan di Sulawesi dan Indonesia. 

Suku Badui

Suku Badui atau suku Kanekes adalah masyarakat asli di daerah Banten. Meskipun tinggal di daerah yang cukup sentral di Indonesia, suku ini menjalani kehidupannya dengan mengasingkan diri dan tidak menerima modernisasi atau pembangunan yang berasal dari luar. 

Masyarakat Badui lebih memilih hidup mandiri di sekitar pegunungan dengan bermata pencaharian yang bersumber dari alam. Meski terisolir, masyarakat Badui hidup dengan penuh kerukunan dan tolong menolong.

Suku Laut

Suku Laut atau yang biasa disebut orang laut merupakan suku pedalaman yang tinggal di daerah Kepulauan Riau. Secara umum, Suku Laut adalah berbagai kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan di sungai-sungai Lingga, Pulau Tujuh, dan pulau-pulau dilepas pantai.

Pada zaman dahulu, konon suku pedalaman ini berperan penting dalam kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Johor, dan Kesultanan Malaka. 

Mereka bertugas menjaga selat-selat, memandu para pedagang, dan mengusir para bajak laut. Bahasa yang mereka gunakan sebagian besar adalah Bahasa Melayu.

Suku Punan Batu

Suku Punan Kalimantan masih satu rumpun Suku Dayak, memiliki kehidupan hampir mirip dengan suku anak dalam atau suku kubu yang ada di Jambi, Pulau Sumatera. 

Dimana suku Punan Batu tetap bertahan hidup di hutan dan berpindah-pindah hingga sering disebut penjaga rimba.

BACA JUGA:Suku Viking, Dijuluki Orang Penakluk, Perompak Hingga Penjarah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: