10 Suku Terasing Indonesia Yang Sulit Ditemui dan Punya Aturan Sendiri

10 Suku Terasing Indonesia Yang Sulit Ditemui dan Punya Aturan Sendiri

10 Suku Terasing Indonesia Yang Sulit Ditemui dan Punya Aturan Sendiri --

RADARMUKOMUKO.COM – Ditengah gempuran modernisasi, ternyata di Indonesia masih ada beberapa suku yang dilebel terasingkan masih primitif.

Suku-suku ini hidup terpisah di pedalaman yang menjalani kehipan secara nomaden atau menetap, tapi tidak mengizinkan orang luar suku masuk sesukanya.

Bahkan beberapa suku menolak aturan pemerintah, mereka punya aturan dan tradisi sendiri, walau kadang tidak sejalan dengan undang-undang atau aturan pemerintah. 

BACA JUGA:Cara Tradisi Khitan Anu Perempuan di Suku Sabiny, Pasti Sakit Sekali

Sayangnya lagi beberapa diantara suku ini terancam punah, karena kerusakan hutan yang menjadi tempat tinggalnya.

Berikut ini beberapa suku terasing di Indonesia yang belum banyak dikenal dilansir dari berbagai sumber:

Suku Sakai

Suku Sakai adalah suku yang hidup di pedalaman hutan Riau dan merupakan masyarakat keturunan Minangkabau. 

Suku ini menjadi salah satu suku pedalaman yang terasing di Indonesia karena kebiasaan mereka yang hidup berpindah-pindah menyusuri hutan dan tidak ada yang tahu berapa jumlah pasti masyarakat suku Sakai ini. 

Suku Sakai memilih hutan yang asri sebagai tempat tinggal mereka dan bertahan hidup dengan bertani dan berladang. Namun, dengan kebiasaan masyarakat yang hidup berpindah-pindah di hutan. 

Seiring semakin berkurangnya kawasan hutan akibat alih fungsi lahan hutan membuat masyarakat suku sakai kesulitan mencari tempat tinggal dan kehilangan mata pencahariannya, membuat ruang gerak suku sakai di Indonesia ini semakin terbatas.

Suku Polahi

Suku Polahi merupakan kelompok masyarakat nomaden atau berpindah-pindah dari hutan yang satu ke hutan lainnya dan memilih menyusuri pedalaman hutan Bolihato, Gorontalo, sebagai tempat tinggal. 

BACA JUGA:Cara Tradisi Khitan Anu Perempuan di Suku Sabiny, Pasti Sakit Sekali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: