Fakta Menarik Suku Mouso, Dibawah Kekuasaan Wanita Sepenuhnya

Fakta Menarik Suku Mouso, Dibawah Kekuasaan Wanita Sepenuhnya

Fakta Menarik Suku Mouso, Dibawah Kekuasaan Wanita Sepenuhnya--

RADARMUKOMUKO.COM - Suku Mosuo tinggal di provinsi-provinsi Yunnan dan Sichuan, Tiongkok, dekat perbatasan dengan Tibet.

Seperti diinformasikan sebelumnya, wanita di suku Mouso dihormati dan berkuasa penuh atau menganut  sistim matriarkat. Dimana perempuan kedudukannya lebih tinggi daripada lelaki. 

BACA JUGA:Kehadiran Suku Bunian Misterius Ditandai dengan Aroma Kentang Goreng

Namu demikian mereka tetap memiliki keturunan, karena di Suku Mosuo wanita bisa bebas melakukan hubungan dengan lelaki mana saja yang diinginkannya.

Hingga di suku ini, tidak seorang pun laki-laki menjadi ayah dari anak yang mereka ciptakan. Karena suku Mosuo tidak memiliki tradisi perkawinan, mereka tidak ada definisi "suami dan istri". Anak hanya mengenal ibunya saja.

Berikut fakta unik tentang Suku Mouso dilansir dari boombastis.com:

Sejarah Kebudayaan Matrilineral Suku Mosuo

Masyarakat Mosuo mengenal budaya matrilineral sejak ratusan tahun yang lalu. Bagi suku ini, wanita memiliki peran lebih besar dalam masyarakat jika dibandingkan dengan pria. 

Kebudayaan ini terus dijaga hingga saat ini jumlah suku Mosuo sudah mencapai 50.000 orang dengan wanita mendominasi banyak sektor termasuk pekerjaan berat seperti bertani.

BACA JUGA:Memenggal Kepala Manusia, Tradisi Ngayau Masa Lalu Suku Dayak

Meski wanita memiliki peranan besar dalam masyarakat, mereka tidak mengurus masalah politik dan kekuatannya. Hal-hal semacam itu diserahkan kepada pria yang dimiliki oleh sebuah keluarga. 

Wanita mengambil semua sektor penting sehingga mereka memiliki kekuatan yang tidak bisa dipisahkan oleh pria.

Upacara Kedewasaan untuk Menjadi Wanita Mosuo

Anak wanita dari suku Mosuo tidak diperbolehkan melakukan banyak hal sebelum mereka dinyatakan telah dewasa. Biasanya saat anak gadis berusia 12-14 tahun atau saat sudah mengalami mens pertama, upacara kedewasaan akan dilakukan oleh pihak keluarga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: