12 Suku Asli Provinsi Sumatera Selatan dan Keunikannya yang Perlu Diketahui

12 Suku Asli Provinsi Sumatera Selatan dan Keunikannya yang Perlu Diketahui

12 Suku Asli Provinsi Sumatera Selatan dan Keunikannya yang Perlu Diketahui-Dok-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Keberadaan suku bangsa di Indonesia terhitung lebih dari 300 kelompok etnik atau sebanyak 1340 suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Setiap daerah memiliki suku asli maupun suku yang berkembang kemudian.

Seperti Provinsi Sumatera Selatan yang dikenal dengan ibu kotanya Palembang, merupakan salah satu provinsi terbesar di Pulau Sumatera.  Sumatera Selatan juga dikenal dengan banyak suku.  

BACA JUGA:Alasan Suku Mandailing Bukan Batak, Beraroma Minangkabau

BACA JUGA:8 Suku Asli Sumatera Utara, Salah Satunya Enggan Disebut Orang Batak

Pada pembahasan kali ini radamukomuko.disway.id akan membahas 12 suku di Sumatera selatan, dilansir dari Sumek.co dan palpres.disway.id. 

Provinsi yang terkenal dengan Sungai Musi dan Jembatan Ampera ini memiliki 12 suku yang hingga kini masih bertahan keberadaannya. 

Berikut 12 suku yang ada di Sumatera Selatan yang wajib kamu ketahui.

1. Suku Komering

Suku Komering banyak berdomisili di sepanjang aliran Sungai Komering. Seperti halnya beberapa yang terdapat di Sumatera Selatan, karakter dari masyarakatnya adalah seorang 'penjelajah'.

Oleh karena itu, penyebaran suku ini pun menjadi cukup luas, hingga merambat ke provinsi Lampung. Suku Komering juga terbagi atas dua kelompok besar yaitu Komering Ilir, yang banyak tinggal di sekitaran Kayu Agung. Sedangkan yang lainnya adalah  adalah Komering Ulu, yang banyak tinggal di sekitaran Kota Baturaja.

Selain itu, Suku Komering juga memiliki wilayah yang paling luas, di antara suku-suku lainnya yang terdapat di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Suku Batak Ternyata Bersaudara dengan Suku Komering di Sumatera Selatan

BACA JUGA:5 Suku Asli Provinsi Sumatera Selatan, Keturunan Raja Hingga Penunggu Bukit Barisan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: