Suku Batak Ternyata Bersaudara dengan Suku Komering di Sumatera Selatan

Suku Batak Ternyata Bersaudara dengan Suku Komering di Sumatera Selatan

Suku Batak Ternyata Bersaudara dengan Suku Komering di Sumatera Selatan-Dok-Berbagai sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Seperti diketahui Sumatera Selatan (Semsel) dengan ibu kota Palembang memiliki 5 suku asli. Masing-masing Suku Palembang, Suku Komering, Suku Lintang, Suku Semendo dan Suku Pasemah.

Pada konten kali ini akan membahas tentang asal usul Suku Komering yang banyak berdomisili di sepanjang aliran Sungai Komering.

Berdasarkan hikayat masyarakat Komering sendiri, Suku Komering dan Suku Batak dikisahkan masih bersaudara. Kakak beradik yang datang dari negeri seberang di mana setelah sampai di Sumatera mereka pun berpisah, sang kakak pergi ke Selatan dan sang adik ke Utara menjadi puyang Suku Batak. Hal ini pun terlihat dari karakter masyarakat Suku Komering dan Suku Batak yang dikenal memiliki tempramen yang cukup tinggi dan keras.

BACA JUGA:Suku Lintang Penunggu Bukit Barisan, Ini Asal Usulnya

BACA JUGA:8 Suku Asli Sumatera Utara, Salah Satunya Enggan Disebut Orang Batak

Dilansir dari Sumek.co dan sumber lainnya, suku Komering adalah salah satu suku yang cukup besar di Indonesia yang sebagian besar tinggal di bagian tenggara pulau Sumatera. Suku Komering juga memiliki wilayah yang paling luas, di antara suku-suku lainnya yang terdapat di Sumatera Selatan

Nama Komering sendiri berasal dari sungai Komering karena kehidupan mereka sangat bergantung pada sungai itu. Suku Komering terbagi atas dua kelompok besar. Komering Ilir yang tinggal di sekitar Kayuagung dan Komering Ulu yang tinggal di sekitar kota Baturaja.

Suku Komering terbagi beberapa marga, di antaranya marga Paku Sengkunyit, marga Sosoh Buay Rayap, marga Buay Pemuka Peliyung, marga Buay Madang, dan marga Semendawai.

BACA JUGA:Mengenal Suku Batak Memiliki Hampir 500 Marga

BACA JUGA:Suku Minangkabau, Sejarah dan Tradisi Yang Melegenda

Sebagian besar rumah orang Komering terletak di sepanjang sungai Komering dan terletak di atas tiang yang tinggi untuk menghindari banjir pada waktu air sungai meluap.

Asal usulnya, komering adalah salah satu sungai besar yang sekarang bermuara di Sungai Musi. Berasal dari nama seorang pedagang rempah-rempah (pinang) asal India.

Pada masa Sriwijaya, daerah tersebut sedang ramai-ramainya mengadakan perdagangan pinang dengan India. Untuk mengumpulkan pinang didaerah itu, oleh pembeli dari India ditunjuklah seorang saudagar yang bertindak sebagai perwakilan perdagangan, yaitu Komring Sing.

Makam Komering Sing masih ada di dekat pertemuan sungai Selabung dan Waisaka di hulu kota Muara Dua. Dari tempat makam tersebut dinamailah sungai yang mengalir hingga ke muara, dengan nama 'Sungai Komering' yang akhirnya membuat penduduk yang bermukim dipingir sungai tersebut disebut 'Suku Komering'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: