Dari 8 Suku Asli Sumatra Utara Satunya Mengaku Bukan Orang Batak Berikut Alasannya

Dari 8 Suku Asli Sumatra Utara Satunya Mengaku Bukan Orang Batak Berikut Alasannya

Suku Nias merupakan suku tertua yang ada di Provinsi Sumatera Utara-Dok-Berbagai sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Indonesia terdiri dari bribu- ribu suku bangsa Sama halnya dengan daerah lainnya, Sumatera Utara (Sumut) masyarakatnya memiliki suku asli. Bahkan suku asli Sumatera utara cukup banyak, yaitu mencapai 8 suku.

Salah satu suku yang dikenal di Sumatera Utara adalah Suku Batak, namun ternyata ada suku di Sumatera Utara menolak disebut atau disamakan dengan suku batak dengan beralasan berdiri sendiri.

Pada umumnya suku di Sumatera Utara sangat terkenal, ini tidak lepas dari besarnya peran sumatera utara di Indonesia, juga karena orang sumatera utama banyak yang menjadi tokoh di rantau. Mereka bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia.

BACA JUGA:Ternyata Kelapa Sawit Awalnya Hanya 4 Biji Brondol, Ini Asal Usulnya

BACA JUGA:Ini Ciri-ciri Buah Sawit Siap Panen dan Sederet Manfaat Pupuk Organik

Untuk menambah pengathuan pembaca, berikut 8 suku asli Sumatera Utara dilansir dari berbagai sumber baca hingga ahir agar lebih memahami diantaranya:

1. Suku Batak Karo

Masih menjadi keluarga Batak. Suku Batak Karo merupakan suku terbesar di Sumatera Utara. Sebagian dari suku ini tinggal di daerah Aceh.

Bahasa yang digunakan oleh suku ini adalah Bahasa Karo atau Cakap Karo. Pakaian hukum budaya suku Karo didominasi dengan warna merah dan hitam Suku ini diaggap sebagai suku kekerabatan Batak, seperti kekerabatan Batak Toba, Batak Mandailing, dan lainnya.

Namun, Suku Karo menganggap dirinya bukan bidang dari kekerabatan, melainkan berdiri sendiri.

BACA JUGA:Suku Minangkabau, Sejarah dan Tradisi Yang Melegenda

2. Suku Batak Toba

Suku Batak Toba adalah bagian dari Suku Batak, berasal dari wilayah Toba. Meski begitu, suku ini mulai bermigrasi ke daerah lain, sehingga banyak ditemukan di sejumlah kabupaten.

Batak Toba tidak mesti tinggal di wilayah geografis Toba, meski asal-muasal adalah Toba. Kini mereka menempati Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: