Dari 8 Suku Asli Sumatra Utara Satunya Mengaku Bukan Orang Batak Berikut Alasannya

Dari 8 Suku Asli Sumatra Utara Satunya Mengaku Bukan Orang Batak Berikut Alasannya

Suku Nias merupakan suku tertua yang ada di Provinsi Sumatera Utara-Dok-Berbagai sumber

3. Suku Nias

Suku Nias termasuk suku tertua di Sumatera Utara. Masyarakat Nias menyebut dirinya sebagai ‘Ono Niha’ atau anak manusia.

Suku ini hidup di Pulau Nias, Sumatera Utara, mereka menjunjung adat yang tinggi, bahkan aturan adatnya meliputi seluruh aspek kehidupan mulai lahir, hidup, hingga tiada.

Sedangkan kasta Suku Nias mengenal sistem tingkatan, yang mana tingkatan kasta tertinggi adalah ‘Balugu’.

4. Suku Pesisir

Sebagaimana namanya, Suku Pesisir adalah masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir barat Sumatera Utara. Nama ini diberikan untuk membedakan masyarakat Batak pedalaman dengan masyarakat pesisir. Penamaan Pesisir untuk kelompok masyarakat yang mendiami pesisir barat Sumatera Utara tidak pernah dikenal hingga akhir abad ke-20.

Rupanya, istilah ini dikemukakan untuk membedakan kelompok masyarakat di pesisir barat Sumatra Utara dengan masyarakat Batak di pedalaman. Berdasarkan ruang geografis etnisitas yang disusun oleh Collet (1925), Cunningham (1958), Reid (1979) dan Sibeth (1991), di pesisir barat Sumatra Utara terdapat kelompok masyarakat yang bukan merupakan bagian dari etnis Batak. Suku Pesisir biasanya tersebar di Tapanuli Tengah, sebagian Tapanuli Selatan, Natal dan Medan.

5. Suku Melayu

Suku Melayu merupakan suku yang menghuni Semenanjung Malaya. Melayu sendiri berasal dari Kerajaan Melayu yang pernah ada di Sumatera. Suku Melayu terbagi menjadi beberapa bangsa.

Secara ras atau rumpun bangsa, Melayu di Indonesia dibedakan dua gugusan, yaitu Melayu Proto dan Melayu Deutro. Melayu Proto merupakan Melayu Tua yang datang sekitar 1500 SM, sedangkan Melayu Deutro merupakan Melayu Muda yang datang sekitar 500 SM.

Selain itu, ada pula melayu yang termasuk bangsa di Indonesia, yaitu rumpun Melanesia yang bermukim di wilayah timur Indonesia.

6. Suku Simalungun

Suku di Sumatera Utara selanjutnya yakni Simalungun. Leluhur suku ini konon berasal dari India Selatan tetapi ini hal masih diperdebatkan. Sepanjang sejarah suku ini terbagi ke dalam beberapa kerajaan.

Namun, marga asli penduduk Simalungun yakni Damanik. Sementara, tiga marga pendatang yaitu Saragih, Sinaga, dan Purba. Kemudian marga-marga (nama keluarga) tersebut menjadi 4 marga besar di Simalungun.

7. Suku Mandailing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: