Lidi Sawit Bernilai Ekonomi, Menjadi Suvenir dan Diekspor ke Luar Negeri, Ini Caranya

Lidi Sawit Bernilai Ekonomi, Menjadi Suvenir dan Diekspor ke Luar Negeri, Ini Caranya

lidi sawit bernilai ekonomi-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

RADARMUKOMUKO.COM – Bukan hanya CPO, karnel dan cangkang sawit yang diekspor ke luar negeri. Ternyata lidi sawit yang selama ini disepelekan juga dipasarkan ke beberapa negara seperti Pakistan, Malaysia, Nepal, India dan Thailand. 

Sebab limbah lidi kelapa sawit ini tak hanya dimanfaatkan menjadi sapu atau tusuk sate, tetapi lidi kelapa sawit bisa disulap menjadi berbagai produk kerajinan tangan yang menarik dan unik yang mampu menarik perhatian konsumen.

Diantara bentuk kerajinan dari lidi sawit yang bisa dibuat suvenir, seperti piring tempat buah, parcel, mangkok nasi, bahkan lampu-lampu hias yang sangat unik dan lainnya

BACA JUGA:Berikut Cara Petani Sawit Untuk Meningkatkan Produktivitas dengan Efisien

BACA JUGA:Petani Sumut Lakukan Budidaya Kelapa Sawit yang Ramah Lingkungan, Boleh Dicoba

Beberapa daerah penghasil sawit di Indonesia sejak beberapa waktu lalu, sudah mengelola limbah lidi sawit untuk dijual, seperti Riau.

Pengelolaan lidi sawit agar laku dijual, dimulai dengan mendapat bahan baku dari kebun sawit, berupa pelepah yang kemudian dibersihkan dan lalu diserut terlebih dulu menggunakan alat penyerut lidi sederhana . 

Setelah itu, lidi sawit dapat dianyam menjadi berbagai macam kerajinan, baru kemudian divernis untuk mengubah warnanya dan membuat anyaman menjadi lebih awet dan mengkilat, yang kemudian dapat dipasarkan. 

Dilansir dari sawitindonesia Di daerah Sumatera dan Kalimantan, sejumlah kelompok masyarakat telah membuat produk kerajinan dari lidi sawit.

BACA JUGA:Pemerintah Akan Melakukan Program Peremajaan Sawit Rakyat, Apa Itu?

BACA JUGA:Inilah Aset-aset Penting yang Ada Pada Kelapa Sawit, Para Petani Wajib Tahu

Seperti warga Desa Mekar Jaya SP5, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau memiliki galeri bernama Maju Jaya Lidi, yang berhasil memanfaatkan pelepah sawit menjadi kerajinan bernilai ekonomis sejak tahun 2018 lalu.

Tumpukan lidi yang berasal dari pelepah sawit ini dimanfaatkan menjadi beragam kerajinan, seperti piring, nampan, tempat buah, tempat minuman gelas, dan kerajinan lainnya yang dapat membantu perekonomian warga desa.

Kelapa sawit adalah salah satu tanaman yang memiliki manfaat yang berkelanjutan karena tidak menyisakan limbah. Selain buahnya dapat diolah menjadi minyak kelapa sawit, hampir semua bagian dari kelapa sawit dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi barang bernilai ekonomi, salah satunya yakni pelepah sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: