Berikut Cara Petani Sawit Untuk Meningkatkan Produktivitas dengan Efisien

Berikut Cara Petani Sawit Untuk Meningkatkan Produktivitas dengan Efisien

Berikut Cara Petani Sawit Untuk Meningkatkan Produktivitas dengan Efisien-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM– Sebagai petani kelapa sawit tentu menginginkan agar hasil panen dari sawit yang mereka tanam dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

Selain itu, dalam melakukan berbagai jenis cara guna meningkatkan kualitas sawit perlu dilakukan dengan cara yang praktis dan efisien.

BACA JUGA:Petani Sumut Lakukan Budidaya Kelapa Sawit yang Ramah Lingkungan, Boleh Dicoba

Efisien disini dimaksudkan adalah dengan tidak mgutak-atik Man Power Plann  atau MPP dan meminimalisir risiko terhadap aspek fisiologis tanaman.

Karena sejatinya adalah cara yang penting dan manjur untuk mefisiensi ini adalah dengan meningkatkan produktivitas.

Adanya ide-ide cemerlang serta ketekunan dalam menerapkan prinsip prinsip perbaikan secara berkelanjutan secara konsisten harus dilakukan.

Sehingga bila sudah mencapai produktivitas atau obat yang lebih baik maka akan menhghasilkan produk yang berkualitas tentunya.

Lalu, bagaimana cara agar produktivitas bisa terus meninggi?

Caranya cukup mudah, untuk dapat melakukan efisiensi, para petani dapat memanfaatkan material yang tidak terpakai.

BACA JUGA:Cara Membuat Lahan Kelapa Sawit Yang Mampu Berproduksi Tinggi

Misalnya beberapa alasan port yang dapat dipergunakan lagi setelah di kanibal dengan aspek lain, atau beberapa spare part  yang sudah lama tidak terpakai dan banyak barang bekas lainnya.

Kemudian, sebisa mungkin memanfaatkan sebaik-baiknya pupuk organik yang dihasilkan oleh pabrik kelapa sawit seperti Tankos, solid, abu boiler, limbah cair, bahkan sludgge yang sudah memggumpal sehingga bisa dijdikan sebagai pengganti pupuk anorganik.

Lalu, awali pekerjaan dengan tepat waktu dan secara serempak. Contoh terdapat karyawan panen sebanyak 1000 orang, terlambat memulai kerja 10 minit, berarti itu setara dengan 23 HK.

Bayangkan saja, jika para petani memotivasi karyawan dan maka mereka dapat bekerja lebih awal dan menghasilkan efisiensi waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: