Dinas Sosial Mukomuko Usulkan Bantuan untuk Ratusan Penyandang Disabilitas

Dinas Sosial Mukomuko Usulkan Bantuan untuk Ratusan Penyandang Disabilitas

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Fitriani --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COMDinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko mengusulkan bantuan untuk ratusan penyandang disabilitas ke Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Fitriani kepada radarmukomuko.com mengungkapkan, bantuan bagi penyandang disabilitas yang diusulkan bukan berupa uang ataupun berbentuk modal usaha. Akan tetapi berupa alat untuk membantu aktivitas dan disesuaikan dengan kebutuhan penyandang disabilitas di Kabupaten Mukomuko. 

‘’Jumlah bantuan sosial untuk penyandang disabilitas yang kita usulkan untuk 500 jiwa. Usulan ini mengacu dengan data yang dihimpun dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), termasuk jenis alat bantu aktivitas yang dibutuhkan oleh masing-masing penyandang disabilitas,’’ ungkap Fitriani. 

Fitriani menjelaskan, data sementara, di Kabupaten Mukomuko terdapat sekitar 600-san jiwa yang dikategorikan penyandang disabilitas. Dari 15 kecamatan, masing-masing wilayah ditemukan warga penyandang disabilitas yang sangat membutuhkan bantuan sosial. 

‘’Ini yang kita upayakan, kalaulah tidak dikabulkan secara keseluruhan, minimal separuh dari data yang kita usulkan,’’ urainya. 

BACA JUGA:Bantuan Atensi Kemensos Sentuh 100 Penerima Manfaat di Mukomuko

Di samping itu, Fitriani juga mengakui, terkait usulan bantuan sosial ini pihaknya juga telah menjalin koordinasi dan komunikasi dengan anggota DPR RI Daerah Pemilihan Bengkulu, H. Muhammad Soleh. 

‘’Mudah-mudahan dengan komunikasi ini, dapat memberi ruang kemudahan bagi kita untuk mendapatkan program bantuan sosial dari Kemensos tersebut. Sebab masih banyak para penyandang disabilitas di daerah yang belum tersentuh bantuan dan perlu kita perhatikan,’’ ujarnya. 

Disisi lain, Fitriani juga mengimbau masyarakat dan pemerintah desa untuk menjalin koordinasi dengan TKSK di masing-masing wilayah. Perlu diketahui, kata Fitriani, TKSK berperan penting dalam melakukan pendataan masyarakat yang seyogianya membutuhkan bantuan sosial dari pemerintah. 

BACA JUGA:Mantan Dewan Jambi Tersangka KPK Berjamaah, Terbaru Lima Orang Ditetapkan Tsk

Tenaga TKSK di SK-kan merupakan mitra atau perpanjangan tangan pemerintah dalam membantu pendataan, validasi hingga verifikasi calon penerima bantuan sosial atau sejenisnya.

‘’Ini perlu juga kita sampaikan kepada masyarakat. Dekati dan jalin komunikasi dengan para tenaga TKSK yang ditunjuk pemerintah. Mereka berperan dalam melakukan pendataan hingga membantu proses validasi hingga verifikasi data lapangan,’’ pintanya. 

BACA JUGA:Jalan Setiabudi Tidak Diakui Pemrov Bengkulu, Kadis PUPR Mukomuko Cek Lokasi

Untuk sementara ini, jumlah tenaga TKSK yang aktif sebanyak 12 orang. Dalam waktu dekat ada penambahan 3 orang lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: