Sembilan Desa di V Koto Sudah Ajukan Pencairan, Tinggal Satu Desa Lagi?

Sembilan Desa di V Koto Sudah Ajukan Pencairan, Tinggal Satu Desa Lagi?

Edi Anyandi, SE--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Hampir seluruh desa di kecamatan V Koto sudah selesai mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap satu tahun anggaran 2023.

Sembilan Desa yang tercatat sudah selesai mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap satu. Yaitu, Pondok Panjang, Resno, Lubuk Cabau, Lalang Luas, Sungai Lintang, Sungai Rengas, talang Sakti, Talang Petai, dan Pondok Tengah.

Tinggal satu desa lagi belum mengajukan pencairan DD tahap I tahun anggaran 2023  yaitu, Desa talang sepakat.

BACA JUGA:Kapolres Mukomuko Harapkan Kerjasama Masyarakat Jaga Kondusifitas Lingkungan Selama Ramadhan

Camat V Koto, Ali Muchsin, S.Pd. MAP melalui Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang), Edi Anyandi, SE mengatakan” Desa yang belum mengajukan pencairan tahap I hanya Desa Talang Sepakat” ucapnya.

Pihak Kecamatan sudah mengirim surat rekomendasi. Kemungkinan dalam waktu dekat Desa Talang Sepakat akan segera menyusul mengajukan pencairan tahap I.

Pemerintah Kecamatan V Koto, terus berupaya mendorong Pemerintah Desa diwilayahnya untuk mengajukan pencairan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2023. 

Untuk pengajuan tahap DD tahap I sembilan desa sudah pengajuan, tinggal satu Desa lagi yang belum mengajukan.

BACA JUGA:Ungkap Dugaan Korupsi RSUD Mukomuko, Kejari Menuai Dukungan Masyarakat

Lanjutnya, dari sembilan desa yang sudah pengajuan DD tahap I, setidaknya ada lima desa anggarannya sudah cair serta ada yang sudah mulai merealisasikan kegiatan. 

Adapun Desa yang sudah merealisasikan kegiatan, yaitu Resno sudah merealisasikan kegiatan fisik. Kemudian Lalang Luas sudah penyaluran BLT dan merealisasikan kegiatan fisik. 

Lubuk Cabau sudah penyaluran BLT dan merealisasikan kegiatan fisik. Pondok Tengah sudah penyaluran BLT. Sementara Pondok Panjang sampai saat ini belum merealisasikan kegiatan. 

Kasi Ekobang mengimbau, bagi desa yang anggaran DD tahap I nya telah cair, supaya dapat segera melakukan realisasi kegiatan. 

Sedangkan bagi desa yang belum cair semoga segera menyusul agar bisa secepat mungkin merealisasikan semua program kegiatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: