Bupati Mukomuko Hadiri Panen Raya Bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin

Bupati Mukomuko Hadiri Panen Raya Bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin

Bupati Mukomuko Hadiri Panen Raya Bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin -Istimewa- radarmukomuko.com

BENGKULU, RADARMUKOMUKO.COM – Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH bersama rombongan Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., AK., CA., CPA bertolak dari Jakarta menuju Bengkulu. Dalam rangka menghadiri panen raya gabah bersama masyarakat dan sejumlah kepala daerah se Provinsi Bengkulu di Kabupaten Seluma, Jum’at pagi, 10 Februari 2023. 

Kehadiran Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju di Bengkulu, secara khusus juga memenuhi undangan Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA dalam agenda audiensi dengan Forum Kades se Kabupaten Mukomuko terkait pembangunan sektor pertanian melalui pemanfaatan dana desa bidang ketahanan pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan daerah. 

BACA JUGA:Curhat Warga Sido Makmur, Pekat Sudah Meresahkan, Polsek Teramang Jaya Diminta Patroli

BACA JUGA:Jumat Curhat, Polsek Penarik Raya Soroti Isu Penculikan Anak       

Pada kesempatan panen raya tersebut, Menteri Syahrul Yasin Limpo mengajak pemerintah daerah dan jajaran TNI-Polri di Provinsi Bengkulu untuk  menggalakkan gerakan bela negara dengan menjaga ketahanan pangan nasional.

"Kami mengajak Pak Wagub, Bupati dan jajaran Kasrem, TNI-Polri sama-sama menggerakkan bela negara, dengan kompak menjaga ketahanan pangan kita,’’ ungkapnya.

Menurut Menteri Syahrul Yasin, ketahanan pangan dalam kondisi rentan terhadap perubahan zaman, sangat perlu dijaga agar tidak menimbulkan situasi paceklik massal.

"Berkaca dari pandemi, masyarakat dibatasi untuk keluar rumah. Namun jika hanya berdiam diri, akan mempersulit keadaan. Agar tidak menimbulkan kelaparan massal, hal ini sangat perlu kita jaga," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Mentan juga menawarkan harapan baru untuk kemajuan petani Bengkulu. Ia meyakini, Bengkulu dengan kondisi geografis yang cocok diperkirakan memiliki potensi besar dalam menjaga ketahanan pangan. 

BACA JUGA:Kesenian Sunda Siap Ramaikan HUT ke 20 Mukomuko, Lili Gunawan: Jika Diberi Kesempatan

BACA JUGA:Pemprov dan Pemkab Mukomuko Temui Kemendagri, Bicarakan UPT Lubuk Talang

Dimana, dengan hasil panen sekitar 290 ribu ton gabah kering atau 167 ton beras di atas lahan 58 ribu hektare, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan di daerah ini. Dengan jumlah luasan lahan persawahan yang ada saat ini, Ia pun meminta semua pihak tidak mengubah fungsi lahan menjadi kawasan pertanian lainnya.

"Semoga lahan persawahan yang ada, dapat terus terjaga dan tidak mengubah fungsi lahan, agar tidak lagi kekurangan beras serta bisa menjadi penopang kebutuhan daerah," jelasnya.

Bupati Ucapkan Terimakasih  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: