5 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Mentah-mentah

5 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Mentah-mentah

5 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Mentah-mentah--Sumber Foto : Pexels

RMONLINE.ID - Sayuran adalah bagian penting dari diet sehat karena kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Namun, tidak semua Sayuran aman dikonsumsi dalam keadaan mentah. 

Beberapa jenis sayuran mengandung zat yang bisa berbahaya jika tidak dimasak terlebih dahulu, baik karena mengandung senyawa beracun atau dapat menyebabkan gangguan pencernaan. 

Meskipun tren makan makanan mentah sering dikaitkan dengan manfaat kesehatan, penting untuk mengetahui sayuran apa saja yang harus diolah sebelum dikonsumsi agar tidak menimbulkan risiko bagi tubuh. Inilah lima sayuran yang sebaiknya tidak dimakan mentah.

1. Terong

Terong mengandung senyawa solanin, yang dapat membatasi penyerapan kalsium dan menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi mentah. 

BACA JUGA:5 Produk Skincare yang Wajib Dipakai Sebelum Tidur

BACA JUGA:5 Cara Merespon Orang yang Suka Silent Treatment Berdasarkan Psikologi

Solanin dalam terong dapat menimbulkan gejala seperti mual, pusing, dan bahkan masalah pencernaan. Untuk itu, terong sebaiknya dimasak sebelum dikonsumsi.

2. Bayam

Bayam mentah mengandung asam oksalat yang bisa membatasi penyerapan kalsium, serta meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. 

Selain itu, daun bayam mentah rentan terkontaminasi bakteri berbahaya seperti E. coli. Memasak bayam membantu menghilangkan zat-zat berbahaya ini dan membuatnya lebih aman dikonsumsi.

3. Kentang

Sama seperti terong, kentang mengandung solanin yang dapat beracun jika dimakan mentah. 

Solanin dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan neurologis seperti mual, pusing, dan bahkan kelumpuhan dalam kasus ekstrim. Selain itu, kentang mentah juga sulit dicerna karena kandungan patinya yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: