Pemkab Lengkapi Fasilitas Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Mukomuko, Membantu Penegakan Diagnosa Penyakit

Pemkab Lengkapi Fasilitas Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Mukomuko, Membantu Penegakan Diagnosa Penyakit

Pemkab Lengkapi Fasilitas Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Mukomuko, Membantu Penegakan Diagnosa Penyakit--Sumber Foto : Ibnu Rusdi/RMONLINE.ID

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Sapuan – Wasri berkomitmen meningkatkan fasilitas layanan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko. 

Tahun ini, Pemkab Mukomuko melaksanakan pengadaan fasilitas layanan berupa peralatan medis untuk mendukung operasional Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Mukomuko

Penambahan peralatan Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Mukomuko sebagai optimal layanan, gunanya untuk mengidentifikasi penyakit, dan membantu dokter dalam penegakan diagnosis. 

‘’Komitmen peningkatan layanan kesehatan, tahun ini ada penambahan peralatan Laboratorium Anatomi, dan saat ini sudah difungsikan,’’ kata Direktur RSUD Mukomuko, Syafriadi, SMK., M. Kes di Mukomuko, Rabu, 18 September 2024. 

BACA JUGA:Launching Aplikasi SRIKANDI, Pemkab Mukomuko Perkuat Sumber Daya Operator Melalui Bimbingan Teknis

BACA JUGA:Efektivitas Kerja Kejar Target Pembangunan, Alasan Bupati Mukomuko Jarang Pencitraan Turun ke Masyarakat

Dokter Spesialis Anatomi RSUD Mukomuko, Dutia Gestin, SP, PA menyampaikan, pelayanan Laboratorium Anatomi RSUD Mukomuko telah beroperasi sejak tahun 2021 lalu, dan masih sebatas pelayanan penegakan diagnosis sitologi.

Pemeriksaan sitologi ini, pemeriksaan sel tunggal atau kelompok sel kecil dari cairan atau jaringan di bawah mikroskop.

‘’Sebelumnya hanya bisa untuk pemeriksaan sitologi, misalnya ada pembengkakan di bagian leher, diamil pakai jarum dan diperiksa di sini,’’ kata Dutia Gestin.

Di tahun 2024 ini, kata Dutia Gestin, Pemkab Mukomuko melakukan penambahan alat laboratorium untuk pemeriksaan histopatologi. 

Histopatologi ini merupakan prosedur yang melibatkan pemeriksaan jaringan utuh yang diambil melalui biopsi atau operasi di bawah mikroskop.

Dikatakannya, alat ini sudah difungsikan pada awal September ini.

BACA JUGA:Dinas Satpol PP Mukomuko Asah Kemampuan dan Kualitas Anggota Melalui Kegiatan Pelatihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: