Calon Orang Tua Harus Tahu, Inilah Jenis-jenis Parenting Pada Anak

Calon Orang Tua Harus Tahu, Inilah Jenis-jenis Parenting Pada Anak

Calon Orang Tua Harus Tahu, Inilah Jenis-jenis Parenting Pada Anak--Sumber Foto : Pexels

BACA JUGA:5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut Organisasi Saat Masa Kuliah

Mereka memberikan dukungan dan kasih sayang, serta mendorong anak untuk mandiri. 

Hasilnya, anak cenderung tumbuh menjadi individu yang percaya diri, bertanggung jawab, dan mampu bersosialisasi dengan baik. 

Gaya ini memadukan struktur dengan fleksibilitas, yang memungkinkan anak untuk belajar dan berkembang dalam lingkungan yang mendukung.

3. Permissive Parenting

Permissive parenting atau pola asuh permisif adalah gaya di mana orang tua cenderung tidak menetapkan banyak aturan dan memberikan kebebasan yang luas kepada anak. 

Meskipun terlihat lebih santai, gaya ini bisa berujung pada kurangnya disiplin dan struktur dalam kehidupan anak. 

Anak-anak yang dibesarkan dengan gaya permisif mungkin memiliki keterampilan sosial yang baik karena mereka merasa didengarkan, tetapi mereka juga bisa kesulitan memahami batasan dan aturan dalam situasi lain, seperti di sekolah.

4. Uninvolved Parenting

Uninvolved parenting, atau gaya pengasuhan yang tidak terlibat, adalah ketika orang tua sangat sedikit berinteraksi dengan anak dan tidak memberikan cukup perhatian baik secara emosional maupun fisik. 

Anak-anak yang dibesarkan dengan gaya ini cenderung mengalami kesulitan dalam hal prestasi akademik, keterampilan sosial, dan memiliki harga diri yang rendah. 

Kurangnya keterlibatan dari orang tua dapat menyebabkan anak merasa diabaikan dan tidak penting, yang dapat berdampak negatif pada perkembangan emosional mereka.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: