Kenapa Setir Mobil Tidak Dibuat Di Tengah?

Kenapa Setir Mobil Tidak Dibuat Di Tengah?

Kenapa Setir Mobil Tidak Dibuat Di Tengah?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa setir mobil tidak diletakkan di tengah kendaraan? 

Meski terlihat seperti detail kecil, penempatan setir di sisi kiri atau kanan mobil, tergantung pada negara, sebenarnya merupakan keputusan teknis dan ergonomis yang penting.

Setir mobil awalnya diletakkan di tengah untuk memudahkan pengemudi dalam mengemudikan kendaraan dengan tampilan simetris. 

Namun, seiring dengan perkembangan desain dan teknologi mobil, penempatan setir di sisi kiri atau kanan menjadi lebih umum. Adapun alasan utama di balik keputusan ini adalah kemudahan dan keselamatan dalam pengemudian sehari-hari.

BACA JUGA:Dari Ujung Sabang hingga Merauke: Perjalanan Panjang Baju Adat Pernikahan dan Makna Filosofis di Balik Setiap

BACA JUGA:Mengapa Petani Kopi Memilih Dataran Tinggi? Berikut Alasan ilmiahnya

Penempatan setir di sisi kiri atau kanan kendaraan dirancang untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan pengemudi. Posisi ini memudahkan pengemudi untuk mengakses kontrol kendaraan dan mengemudi dengan lebih baik, terutama di negara-negara dengan arah lalu lintas yang berbeda.

Setir di sisi kiri atau kanan membantu pengemudi untuk lebih mudah melihat jalan dan lalu lintas di depan mereka, serta meningkatkan visibilitas dan mengurangi risiko kecelakaan.

Di negara-negara dengan lalu lintas kiri, seperti Jepang dan Inggris, setir biasanya diletakkan di sisi kanan mobil. Ini memudahkan pengemudi untuk berada lebih dekat dengan tepi jalan dan lebih mudah dalam mengemudikan kendaraan di belokan.

BACA JUGA:Dari Sabang hingga Merauke, Kenali Ragam Jenis Kelapa dan Keunikannya yang Tak Terduga!

BACA JUGA:Perjodohan: Antara Tradisi Leluhur yang Mulai Terlupakan atau Cengkeraman Kontrol Orang Tua?

Sebaliknya, di negara-negara dengan lalu lintas kanan, seperti Amerika Serikat, setir diletakkan di sisi kiri untuk alasan yang sama 

Kemudian, memproduksi mobil dengan setir di tengah akan memerlukan desain dan teknologi yang lebih kompleks serta biaya yang lebih tinggi. 

Posisi setir di kiri atau kanan memungkinkan desain yang lebih efisien dan terjangkau dalam hal produksi dan perawatan kendaraan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: