Kepedean Atau Gejala Penyakit Mental Ini, Yuk Kenali Gangguan Kesehatan Erotomania

Kepedean Atau Gejala Penyakit Mental Ini, Yuk Kenali Gangguan Kesehatan Erotomania

Kepedean Atau Gejala Penyakit Mental Ini, Yuk Kenali Gangguan Kesehatan Erotomania-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Erotomania, juga dikenal sebagai sindrom de Clérambault atau delusi erotomaniak, adalah sebuah gangguan mental yang jarang terjadi namun sangat menarik untuk dipelajari. 

Kondisi ini ditandai dengan keyakinan yang salah dan tidak rasional bahwa seseorang, biasanya yang memiliki status sosial lebih tinggi atau figur publik, jatuh cinta atau memiliki hubungan romantis dengan penderita. 

BACA JUGA: Rahasia di Balik Bentuk, Warna, dan Ukuran Tunas Kelapa yang Akan Menghasilkan Buah Lebat

BACA JUGA:Terapkan Syariat Islam, Ini Makanan Khas Aceh Yang Cocok Menjadi Oleh-Oleh

Meskipun keyakinan ini sama sekali tidak berdasar dan sering kali bertentangan dengan kenyataan, penderita erotomania tetap teguh memegang kepercayaan mereka.

Karakteristik Utama Erotomania

1. Keyakinan Salah yang Kuat

Penderita erotomania memiliki keyakinan yang sangat kuat bahwa seseorang mencintai mereka secara diam-diam. Keyakinan ini tidak goyah meskipun ada bukti yang jelas bertentangan dengan kepercayaan mereka.

2. Fokus pada Figur yang Lebih Tinggi

Objek delusi cinta dalam erotomania seringkali adalah seseorang dengan status sosial yang lebih tinggi, seperti selebriti, pemimpin politik, atau profesional yang sukses.

3. Interpretasi yang Salah

Penderita erotomania sering salah menginterpretasikan tindakan atau isyarat biasa dari objek delusi mereka sebagai tanda cinta atau ketertarikan romantis.

4. Perilaku Penguntitan

Dalam beberapa kasus, penderita erotomania mungkin terlibat dalam perilaku penguntitan atau upaya berlebihan untuk menghubungi objek delusi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: