5 Gangguan Kesehatan Disebabkan Berada di Ruangan Full AC Keseringan

5 Gangguan Kesehatan Disebabkan Berada di Ruangan Full AC Keseringan

5 Gangguan Kesehatan Disebabkan Berada di Ruangan Full AC Keseringan-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Umumnya perkantoran dan juga tempat berlanja seperti Mall selalu menggunakan Air conditioning (AC) untuk mendapatkan suhu yang dingin. Bahkan rasanya sulit bisa betah dalam ruangan jika tanpa AC, karena pasti terasa panas atau gerah.

Namun harus dipahami, dibalik kesejukan yang diberikan AC, ada dampak buruk bagi tubuh hingga menyebabkan penyakit. Maka disarankan untuk tidak selalu berada dalam ruangan AC.

BACA JUGA:Mengenal Obesitas dan Jenis-Jenisnya Berdasarkan Penyebab Terjadinya Obesitas

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut dampak AC terhadap kesehatan:

Gangguan Pada Otot Leher

Ruangan ber-AC juga bisa sebabkan gangguan pada otot leher atau dikenal dengan tortikolis. Penderita penyakit ini akan merasakan nyeri saat menolehkan kepala ke kiri atau kanan. 

AC dapat memicu tortikolis karena udara dingin yang dihasilkannya mampu menyerang saraf. Efek dingin tersebut bisa membuat saraf tegang atau membengkak. Kondisi ini biasa dialami orang yang berjam-jam tidur di kamar ber-AC. Nyeri akan dirasakan saat bangun tidur.

Mata Kering

Berlebihan di ruangan AC bisa membuat mata menjadi kering. Hal ini dapat membuat mata mudah iritasi dan gatal, bahkan dapat membuat penglihatan menjadi kabur. Suhu udara yang rendah juga menurunkan kemampuan kelenjar di mata untuk menahan penguapan dari air mata. 

BACA JUGA:Tips dan Trik Mengembalikan Berat Badan Ideal Pada Penderita Obesitas Pada Anak

Kulit Kering

Penggunaan AC dapat menyebabkan kulit kering, karena menghilangkan kelembapan kulit. Hilangnya kelembapan itu mengakibatkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Dalam jangka panjang, keriput atau kerutan akan muncul.

Selain itu, tubuh akan mengalami dehidrasi, sehingga dua hal ini akan memicu kekeringan pada kulit. Jika kulit telah mengalami kekeringan, produksi selaput lendir pun otomatis akan berkurang.

Mudah Lelah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: