Asal Usul Setrika Pakaian, Ternyata Sudah Ada Sejak Dulu Kala dan Terus Berkembang

Asal Usul Setrika Pakaian, Ternyata Sudah Ada Sejak Dulu Kala dan Terus Berkembang

Asal Usul Saetrika Pakaian, Ternyata Sudah Ada Sejak Dulu Kala dan Terus Berkembang-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Saat ini hampir disetiap rumah warga terdapat setrika yang digunakan untuk menggosok pakaian agar kembali rapi enak dipadang dan dipakai.

Rasanya tidak nyaman dan tak percaya diri jika keluar rumah menggunakan pakaian dalam kondisi berkas kerutan atau tidak disetrika lebih dulu.

Menariknya, ternyata penggunaan alat perapi atau penghilang kerutan pada pakaian ini sudah ada sejak dulu kala. Dari waktu ke waktu alat perapi baju ini terus berkembang dan makin modern.

BACA JUGA:Kapolres AKBP Yana Supriatna Pimpin Sertijab Perwira Polres Mukomuko

BACA JUGA:Bupati Sapuan Restui Keberangkatan 18 Atlet Taekwondo Mukomuko, Ikuti Kejurnas Piala Menpora 2024

Mungkin awalnya orang menggunakan batu untuk merapi pakaian, terus gunakan kayu, makin berkembang mulai gunakan bahan besi yang dipanaskan hingga bahan logam.

Melansir dari berbagai sumber, catatan pertama mengindikasikan abad ke-1 SM di Tiongkok, orang-orang sudah menggunakan panci logam yang diisi air panas untuk menghaluskan pakaian dan menghapus lipatan kain.

Era Kekaisaran Romawi punya beberapa macam alat yang berfungsi seperti setrika masa kini. Salah satunya adalah alat pengepres pakaian dengan tangan.

Alatnya semacam dayung atau palu logam datar yang digunakan untuk memukul-mukul pakaian. Kerutan pada kain akan hilang berkat cara itu. 

Juga orang Yunani pada sekira 400 SM. Mereka menggunakan alat besi ini untuk membuat lipatan pada jubah linennya. Namanya Goffering Iron adalah batang bundar seperti batang penggiling yang dipanaskan sebelum digunakan. 

Sekitar abad ke-8 dan ke-9 M, orang-orang Viking di Skandinavia menggunakan setrika kuno yang terbuat dari bahan kayu, kaca, dan batu. 

BACA JUGA:Pemusnahan Barang Bukti 26 Perkara Tindak Pidana di Kejari Mukomuko

BACA JUGA:9 Kelebihan Seorang Senang Membaca No 1 dan 2 Sangat Memukau

Ketika akan digunakan, alat-alat itu diletakkan di dekat uap untuk memanaskan, lalu digosokkan pada kain. Alat ini dianggap sebagai alat setrika paling awal di dunia barat. Bentuknya mirip jamur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: