Susul Bantuan Ambulance, Pemkab Mukomuko Alokasi Dana Rp 5 Miliar Bangun Gedung Puskesmas

Susul Bantuan Ambulance, Pemkab Mukomuko Alokasi Dana Rp 5 Miliar Bangun Gedung Puskesmas

Susul Bantuan Ambulance, Pemkab Mukomuko Alokasi Dana Rp 5 Miliar Gedung Puskesmas --

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Menyusul program bantuan 8 unit mobil ambulance baru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengalokasikan dana Rp5 miliar lebih untuk pembangunan gedung 4 Puskesmas di daerah setempat. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM membenarkan, Pemkab Mukomuko kembali melaksanakan program peningkatan sarana dan prasarana layanan bidang kesehatan masyarakat. 

Sebelumnya, kata Bustam Bustomo, pihaknya telah menyelenggarakan kegiatan pengadaan mobil ambulance sebanyak 8 unit. Secara rinci, 6 unit diserahkan langsung untuk bantuan operasional layanan di 6 Puskesmas, sementara 2 unit ambulance untuk kegiatan layanan Puskesmas Keliling (Pusling).

BACA JUGA:Kejadian, Lurah Gunakan Bulldozer, Polisi Bersenjata Sekop

BACA JUGA:Gempa Bumi 5,7 SR Guncang Mukomuko, Bergini Peringatan BMKG

Menyusul program tersebut, dinasnya juga telah mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar lebih untuk kegiatan pembangunan gedung Puskesmas.

‘’Bantuan operasional layanan kesehatan berupa mobil ambulance sudah diserahkan ke Puskesmas penerima. Saat ini sedang berproses untuk pembangunan gedung 4 Puskesmas, dan masih dalam tahap lelang pekerjaan,’’ kata Bustam Bustomo di Mukomuko, Rabu, 5 Juni 2024.

Dari laman Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Pemkab Mukomuko, dapat diketahui bahwa 4 paket pekerjaan pembangunan gedung Puskesmas masih dalam proses lelang. 

Masing-masingnya, paket proyek belanja modal bangunan kesehatan, dalam kegiatan penambahan gedung/ruang Puskesmas Bantal dengan pagu anggaran sebesar Rp 1,2 miliar. 

Kemudian, belanja modal bangunan kesehatan, dalam kegiatan pembangunan penambahan gedung ruang Puskesmas Penarik dengan nilai pagu Rp 1,3 miliar. 

Berikutnya, belanja modal pembangunan gedung ruang Puskesmas Malin Deman Rp 1,3 miliar, dan belanja modal gedung ruang Puskesmas Dusun Baru V Koto Rp1,3 miliar.

BACA JUGA:KPU Mukomuko Akan Datangkan Grup Band Legendaris, Luncurkan Maskot Pilkada

BACA JUGA:Cara Membuat Nasi Beku, Kata Dokter Gizi Penderita Diabetes Bisa Tertawa Lega Aman Buat Penderita Diabetes

Menurut Bustam Bustomo, keempat paket kegiatan pembangunan gedung Puskesmas tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Bidang Kesehatan tahun 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: