Ada yang di Kanan dan di Kiri, Ternyata Ini Alasan Kenapa Rem Cakram Motor Posisinya Berbeda
Ada yang di Kanan dan di Kiri, Ternyata Ini Alasan Kenapa Rem Cakram Motor Posisinya Berbeda-Ilustrasi -Berbagai Sumber
RMONLINE.ID - Motor adalah salah satu alat transportasi yang sangat populer di berbagai belahan dunia. Selain kecepatan dan efisiensinya, faktor keamanan adalah hal yang sangat penting dalam berkendara.
Salah satu komponen kunci dalam sistem keamanan motor adalah rem cakram. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, posisi rem cakram pada berbagai jenis motor bisa berbeda-beda. Lalu, apa yang menyebabkan perbedaan posisi ini?
Sebelum masuk ke dalam perbedaan posisi, penting untuk memahami fungsi dasar dari rem cakram. Rem cakram bekerja dengan cara menjepit cakram atau rotor yang berputar bersama roda motor.
Saat tuas rem ditekan, kaliper rem akan menjepit cakram, menciptakan gesekan yang memperlambat putaran roda dan akhirnya menghentikan motor.
BACA JUGA:Manfaat Chickpea Bagi Kesehatan Tubuh, Kacang Arab yang Kaya Akan Nutrisi
BACA JUGA:Kandungan dan Manfaat Ulat Sagu, Salah Satu Makanan Unik Khas Indonesia Timur
Rem cakram memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis rem lainnya, seperti rem tromol. Keunggulan tersebut antara lain Rem cakram mampu memberikan daya henti yang lebih efektif dan konsisten.
Kemudian, Rem cakram memiliki kemampuan menyebarkan panas dengan lebih baik, sehingga mengurangi risiko overheat.
Selain itu, Rem cakram lebih mudah diperiksa dan diganti komponennya jika dibandingkan dengan rem tromol.
Perbedaan posisi rem cakram pada motor tidaklah terjadi secara kebetulan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penempatan ini, di antaranya:
1. Desain dan Konstruksi Motor
Desain keseluruhan motor sangat mempengaruhi di mana cakram rem dipasang. Pabrikan motor akan menentukan posisi cakram rem berdasarkan ruang yang tersedia pada bagian roda dan suspensi.
Misalnya, jika pada bagian kiri roda depan terdapat banyak komponen lain seperti kabel-kabel atau sistem penggerak (untuk motor roda belakang), maka cakram rem mungkin akan dipasang di sisi kanan.
2. Distribusi Bobot dan Stabilitas
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: