Dinas Perikanan Sosialisasi Kesempatan Kuliah bagi Anak Pelaku Utama Perikanan dengan Biaya Subsidi Pemerintah

Dinas Perikanan Sosialisasi Kesempatan Kuliah bagi Anak Pelaku Utama Perikanan dengan Biaya Subsidi Pemerintah

Dinas Perikanan Sosialisasi Kesempatan Kuliah bagi Anak Pelaku Utama Perikanan dengan Biaya Subsidi Pemerintah-Ibnu Rusdi-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COMDinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu bantu sosialisasi kesempatan kuliah bagi Anak Pelaku Utama perikanan dengan biaya disubsidi pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, AM Azbas Novyan, S.Pi., M.Si menyampaikan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberi kesempatan kuliah atau menerima peserta didik baru pada satuan pendidikan tinggi vokasi di lingkup KKP kepada anak pelaku Anak Pelaku Utama (APU) perikanan tahun ajaran 2024/2025. Kesempatan ini berlaku bagi seluruh warga Indonesia yang memenuhi kualifikasi persyaratan yang telah ditetapkan.

‘’Ini kesempatan, KKP tahun ini menyediakan tempat kuliah dengan biaya subsidi pemerintah, namun khusus bagi anak pelaku usaha perikanan. Pelaku usaha perikanan dimaksudkan meliputi anak dari nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, pemasar ikan atau petambak garam. Khusus bagi taruna yang termasuk APU, tidak akan dikenakan biaya pendidikan alias gratis karena sudah didanai oleh APBN,’’ kata Azbas Noviyan di Mukomuko, 24 April 2024. 

BACA JUGA:Pemerintah Bantu Proses Pengurusan Asuransi Nelayan Korban Perahu Karam di Mukomuko

BACA JUGA:Bawaslu Mulai Rekrut Calon Panwascam Pilkada 2024, Bagi Yang Berminat Siapkan Diri

Dijelaskan Azbas, tempat kuliah yang siap menampung anak dari pelaku utama perikanan tersebut berupa Politeknik Program Diploma IV lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan

Politeknik Ahli Usaha Perikanan Kampus Utama berada di Jakarta, Serang dan Bogor. 

Namun bagi peserta yang memilih ingin kuliah di kampus daerah, bisa mendaftar ke Politeknik Ahli Usaha Perikanan Ladong Provinsi Aceh, Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat, di Tulung Agung Provinsi Lampung, dan Tegal Jawa Tengah serta Waeheru Ambon Provinsi Maluku.

‘’Bagi anak pelaku utama usaha perikanan dari berbagai daerah, khususnya dari Kabupaten Mukomuko, silahkan mendaftarkan diri. Pendaftaran dibuka secara onine,’’ ujarnya. 

Adapun persyaratan melamar menjadi mahasiswa kampus politeknik ini, dari laman Pentaru KKP dapat diketahui:

Syarat Jadi Taruna KKP 2024

1. Jalur Khusus

• Merupakan anak pelaku utama seperti anak nelayan, pengolah ikan, petambak ikan. pembudidaya ikan, dan pemasar hasil ikan.

• Mengunggah ijazah terakhir/surat keterangan telah mengikuti ujian akhir/rapor semester 5

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: