Pilkada 2024, Sapuan: Mendaftar ke Parpol Tidak Harus Lewat Pengurus Kabupaten

Pilkada 2024, Sapuan: Mendaftar ke Parpol Tidak Harus Lewat Pengurus Kabupaten

Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI dan Wakil Bupati, Wasri-Istimewa-radarmukomuko.com

"Kalau soal berat, pasti berat semua," tutur Sapuan.

BACA JUGA:Hari Pertama Kerja, Bupati Kumpulkan Pejabat dan Pegawai di Lapangan

BACA JUGA:Penampakan Suasana Tak Biasa Pantai Abrasi Mukomuko, Dipadati Warga

Untuk diketahui, Pemerintah telah menetapkan tahapan jadwal pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Indonesia pada 27 November 2024.

Ketetapan tahapan jadwal Pilkada serentak tersebut tertuang ditetapkan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota. 

PKPU Nomor 2 Tahun 2024 yang mengatur tentang tahapan jadwal Pilkada serentak 2024, diundangkan dalam lembaran negara pada tanggal 26 Januari 2024.  

Dari lampiran PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang jadwal dan tahapan pemilihan gubernur, bupati dan wali kota. Dapat diketahui bahwa pada 27 Februari mendatang sudah masuk tahapan pemberitahuan dan pendaftaran pemantau pemilihan. 

Menyusul pada  24 April 2024, memasuki tahapan penyerahan daftar penduduk potensial pemilih. Kemudian, di akhir bulan Mei, pemutakhiran data pemilih. 

Lebih ketar ketir lagi bagi bakal calon perseorangan. Berdasarkan PKPU, pada tanggal 5 Mei 2024 pemenuhan persyaratan dukungan calon perseorangan. 

Kemudian, pada tanggal 27 Agustus 2024, pendaftaran pasangan calon, baik gubernur wakil gubernur, wali kota wakil wali kota maupun bupati dan wakil bupati. Masih di bulan Agustus, pemeriksaan berkas pasangan calon. Sementara, penetapan pasangan calon dijadwalkan pada 22 September 2024. 

Pada akhir September telah memasuki masa kampanye pasangan calon. Pemungutan suara dijadwalkan 27 November 2024.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: