Mukomuko Daerah Tetangga Sumbar dan Kerinci Jambi, Miliki Potensi Ladang Emas, Minyak dan Batu Bara

Mukomuko Daerah Tetangga Sumbar dan Kerinci Jambi, Miliki Potensi Ladang Emas, Minyak dan Batu Bara

Mukomuko Daerah Tetangga Sumbar dan Kerinci Jambi, Miliki Potensi Ladang Emas, Minyak dan Batu Bara-Istimewa-Berbagai Sumber

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO. COM – Selain terkenal dengan sektor perkebunan sawit. Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu juga terdapat potensi Sumber Daya Alam (SDA) lain yang belum dieksploitasi.  

Mukomuko merupakan daerah yang bertetangga langsung dengan Sumatera Barat (Sumbar) dan Kerinci Provinsi Jambi ini, konon memiliki potensi ladang emas, minyak bumi dan batu bara berkualitas.  

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mukomuko, Juni Kurnia Diana, SAP tidak menepis adanya potensi SDA yang menjanjikan di wilayah Kabupaten Mukomuko. 

BACA JUGA:Mukomuko Menuju Sentra Pangan Sehat, Pupuk Kimia Berangsur Ditinggalkan

BACA JUGA:Pemerintah Bantu Sukseskan Usaha Kelompok Budidaya Ikan di Mukomuko

Selain daerah yang memiliki potensi besar dari sektor perkebunan kelapa sawit, di wilayah Kabupaten Mukomuko juga terdapat potensi ladang emas, minyak bumi dan batu bara. 

‘’Potensi sumber daya alam di Mukomuko pernah disurvei oleh surveyor asal Negara Belanda. Kemudian, juga pernah disurvei tim survei asal Indonesia. Dari hasil survei itulah diketahui adanya potensi emas, minyak bumi dan batu bara,’’ kata Juni Kurnia Diana di Mukomuko, Rabu, 31 Januari 2024. 

Tim survei asal Belanda pernah turun ke wilayah Kabupaten Mukomuko mengecek kadar dan potensi kandungan minyak bumi di daerah administrasi Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko. 

BACA JUGA:Waktu Perpanjangan Habis, Proyek Rumah Sakit Pratama MM Dipastikan Tidak Selesai

BACA JUGA:Batasan Waktu Mencoblos Surat Suara Pemilu 2024 Maksimal 5 Menit

Warga berkebangsaan Belanda pada ketika itu juga sempat melakukan survei potensi ladang emas. Menurut informasi yang diperoleh, kata Juni Kurnia, titik koordinat potensi ladang emas ditemukan di aliran Sungai Num, daerah hulu Sungai di wilayah Teramang Jaya. 

‘’Ini beberapa tahun silam, survei dari warga Negara Belanda ini menemukan titik ladang emas dan potensi minyak bumi,’’ ujar Juni Kurnia.

Potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang paling menonjol di Kabupaten Mukomuko adalah batu bara. Dari hasil survei oleh tenaga survei asal Indonesia beberapa waktu lalu, ditemukan ladang batu bara berkualitas 1 di beberapa titik. 

Dari hasil survei itu, kata Juni Kurnia, dapat diketahui beberapa titik wilayah ditemukan potensi batu bara dengan kualitas 6000 kkal per kilogram. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: