Pemerintah Bantu Sukseskan Usaha Kelompok Budidaya Ikan di Mukomuko

Pemerintah Bantu Sukseskan Usaha Kelompok Budidaya Ikan di Mukomuko

Pemerintah Bantu Sukseskan Usaha Kelompok Budidaya Ikan di Mukomuko -Istimewa-

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten Mukomuko bantu sukseskan usaha Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) melalui program bantuan sarana prasarana perikanan budidaya.

Di tahun 2024 ini, terdapat 5 kelompok budidaya perikanan air tawar di Kabupaten Mukomuko yang telah ditetapkan sebagai calon penerima bantuan sarana prasarana dari pemerintah daerah setempat. 

‘’Tahun ini, ada 5 kelompok budidaya perikanan yang telah diverifikasi dan ditetapkan sebagai calon penerima bantuan Sarpras (Sarana Prasarana) perikanan budidaya,’’ kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Eddy Aprianto, SP., M. Si melalui Kepala Bidang Perikanan Budi Daya, Fitra Juliatmi di Mukomuko, Rabu, 31 Januari 2024.

BACA JUGA:Potret Gerbang Jalan Tembus Lempur Kerinci ke Selagan Raya Mukomuko

BACA JUGA:Jalan Tembus Mukomuko – Kerinci Jambi Buka Peluang Ekonomi Baru

Sejumlah kelompok budidaya perikanan calon penerima bantuan sarana prasarana perikanan budidaya tahun ini, berdasarkan usulan kelompok yang disampaikan pada tahun sebelumnya. Dikatakan Fitra Juliatmi, di tahun 2023 lalu terdapat 10 usulan kelompok budidaya perikanan yang mengharapkan bantuan sarana prasarana penunjang usaha dari pemerintah. 

‘’Dari 10 usulan itu, diverifikasi kembali. Ada 5 dari kelompok itu yang masuk kategori memenuhi persyaratan, baik dari sisi kelengkapan administrasi maupun ketersediaan dan kesiapan lahan tempat usahanya. Terkhusus anggota kelompok, masing-masingnya memiliki kartu Kusuka,’’ imbuh Fitra Juliatmi. 

Adapun 5 kelompok budidaya perikanan calon penerima bantuan sarana prasarana dari pemerintah melalui program Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko. 

Masing-masing, 2 kelompok budidaya perikanan di Kecamatan Penarik. 1 kelompok budidaya perikanan di Kecamatan Air Manjuto, 1 kelompok di Kecamatan XIV Koto dan 1 kelompok di Kecamatan Teras Terunjam. 

BACA JUGA:Waktu Perpanjangan Habis, Proyek Rumah Sakit Pratama MM Dipastikan Tidak Selesai

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Seleksi Terbuka 10 Kursi JPT Pratama, Ini Jadwalnya

‘’Semua kelompok calon penerima bantuan sarana prasarana perikanan budidaya tahun ini, kembali kami lakukan pengecekan lapangan,’’ ujarnya. 

Peninjauan lapangan terhadap 5 kelompok budidaya perikanan untuk memastikan kembali kesiapan kelompok. 

‘’Sebelum bantuan ini kami serahkan, masing-masing kelompok kami lakukan peninjauan kembali. Peninjauan untuk memastikan kesiapannya,’’ ujarnya. 

Peninjauan lapangan terhadap kelompok pembudidaya perikanan air tawar telah dimulai sejak Selasa kemarin. 

‘’Hari ini kita turun bersama dinas untuk melakukan peninjauan kelompok calon penerima bantuan di Air Manjuto,’’ ulasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: