Potret Gerbang Jalan Tembus Lempur Kerinci ke Selagan Raya Mukomuko

Potret Gerbang Jalan Tembus Lempur Kerinci ke Selagan Raya Mukomuko

Gerbang Jalan Tembus Lempur Kerinci ke Selagan Raya Mukomuko-Istimewa-radarmukomuko.com

Dengan demikian kalau hanya 45 km akses jalanya bisa dilalui kendaraan mungkin hanya butuh waktu 1 jam jarak tempuh  Sungai Ipuh- desa Baru Lempur sampai.

Sedang kondisi terkini, ‘’Kalau jalan dari Selagan Raya ke Lempur Kerinci, sejak dulu sudah tembus. Melewati jalan setapak,’’ ucap Jumadi, warga Selagan Raya, Mukomuko, Minggu lalu , 28 Januari 2024. 

Sekedar mengingatkan, Jumadi mengatakan terkait gaung rencana pembukaan jalan baru akses Selagan Raya Kabupaten Mukomuko ke Lempur Kabupaten Kerinci sudah lama didengungkan. 

‘’Hampir setiap masa kampanye pemilihan Gubernur Bengkulu, persoalan jalan Selagan Raya – Kerinci ini selalu dijadikan isu. Faktanya, benar jalan sudah tembus, tapi belum ada campur tangan pemerintah,’’ katanya. 

Adanya jalan setapak, Selagan Raya Mukomuko tembus ke Lempur Kerinci, berkemungkinan besar dibuka secara swadaya oleh warga yang berharap jalan ini bisa dilewati kendaraan. 

‘’Sampai sekarang masih tetap  jalan setapak. Diduga  para pencari rotan, kayu dan garu, atau pemikat burung yang tidak secara sengaja meretas hutan itu jadi jalan hingga sekarang,’’ kata Jumadi. 

BACA JUGA:Jangan Sembarangan, Ini Dia 5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Diet Agar Hasilnya Memuaskan

Jika akses jalan ini benar dibangun pemerintah , diyakini ada pergerakan dari sektor perekonomian masyarakat terkhusu wisata di desa baru lempur. 

Setidaknya dapat mempercepat akses masyarakat ketika ingin berkunjung ke Kabupaten Kerinci, juga sebaliknya. 

‘’Menurut orang -orang yang pernah melewati jalan itu, jarak  dari desa baru Lempur ke  Sungai  Ipuh sekitar 45 kilometer . warga berharap  jalan ini benar-benar dibuka, manfaatnya akan mempermudah akses masyarakat,’’ paparnya. 

Jumadi menyampaikan, selama ini jalantersebut  hanya menjadi senjata isu politik, kalau tahun ini masih seperti itu, berkemungkinan besar masyarakat Selagan Raya tak lagi percaya janji palsu tersebut. 

‘’Bagi warga kami, isu jalan ini terus dipertanyakan. Karena dulunya sering dijadikan senjata politik. Mungkin untuk Pilkada Gubernur pada periode mendatang, isu ini tak layak lagi. Bisa-bisa bikin masyarakat makin tak percaya terhadap pemimpin kedepan,’’ bebernya. 

Selaku Pemuda Selagan Raya, Jumadi berharap pemerintah bisa melaksanakan pembangunan jalan tembus Kabupaten Mukomuko ke Kabupaten Kerinci. 

‘’Jika jalan ini dibangun, memang kami meyakini ada pergerakan sektor perekonomian di sini. Setidaknya, kami bisa berinteraksi jual beli hasil produksi daerah dengan jarak tempuh yang lebih dekat lagi,’’ sampainya. 

BACA JUGA:4 Cara Memotivasi Diri Agar Semangat Diet Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: