Ini Kebiasaan Nabi Muhammad Sehari- Hari yang Mesti di Contoh No 5 dan 8, Adakah Sifat Ini Pada Kita ?

Ini Kebiasaan Nabi Muhammad Sehari- Hari yang Mesti di Contoh No 5 dan 8, Adakah Sifat Ini Pada Kita ?

Ini Kebiasaan Nabi Muhammad Sehari- Hari yang Mesti di Contoh No 5 dan 8, Adakah Sifat Ini Pada Kita ?--

RADARMUKOMUKO.COM  - Nabi Muhammad salah satu pemimpin dunia yang sangat dihormati oleh umat muslim se dunia dan para tokoh dari belahan dunia yang agamanya berbeda.

Karena Nabi Muhamad  memiliki sifat-sifat mulia saat  sebagai pemimpin umat dan bangasa . 

Beberapa kebiasaan Nabi Muhammad yang bisa dijadikan contoh yang dikutipdari berbgai sumber, adalah sebagai berikut:

1. Nabi Muhammad selalu melakukan pekerjaannya secara konsisten dan kontinu. Beliau tidak pernah mengeluh atau menunda-nunda pekerjaannya, baik itu menjalankan ibadah, menyampaikan risalah, atau mengurus urusan umum. Beliau selalu berusaha untuk menyelesaikan segala tugasnya dengan baik dan tepat waktu.

BACA JUGA:Virus Covid-19 Datang Lagi, Warga Didorong Vaksin Sampai Tamat

2. Nabi Muhammad mengerjakan sesuatu dengan yang kanan, selama memungkinkan. Saat bersuci memakai sandal, melangkahkan kaki, makan, minum, berwudhu, mengenakan pakaian, mengambil dan memberikan sesuatu. Di luar ini beliau menggunakan tangan kiri. Hal ini menunjukkan bahwa beliau tidak sombong atau angkuh dengan kemampuan kanannya saja.

3. Nabi Muhammad mengucapkan “Tidak, demi Zat yang menggenggam ayah Qasim” jika harus bersumpah. Ini adalah salah satu bentuk kesetiaan dan pengabdian beliau kepada Allah SWT. Beliau tidak mau menyembunyikan kebenaran atau berbohong dalam hal-hal penting.

4. Nabi Muhammad sangat peduli dengan keluarganya dan tidak suka melihat mereka berbohong. Jika melihat salah seorang dari keluarganya berbohong, sekali saja, beliau akan mengucapkan kata tobat. Beliau paling benci mendapati seseorang berbohong karena ia tahu bahwa bohong adalah dosa besar yang dapat merusak hubungan antara manusia.

BACA JUGA:Pasca Kemarau, Sumur Warga di Mukomuko Masih Kering, Andalkan Sumur Bor Pemerintah

5. Nabi Muhammad sangat sensitif terhadap perasaan orang lain. Jika tidak menyukai sesuatu, ketidaksukaannya terlihat pada ekspresi wajahnya. Beliau juga sering menunjukkan kasih sayang dan kelembutan kepada orang-orang miskin dan tertindas.

6. Nabi Muhammad sangat sabar dalam menghadapi kesulitan dan cobaan. Jika marah saat berdiri maka beliau akan duduk, jika marah saat duduk maka beliau akan berbaring sehingga amarahnya hilang. Beliau juga sering bersabar dalam menunggu waktu yang ditentukan oleh Allah SWT untuk menerima atau menolak sesuatu.

7. Nabi Muhammad sangat menjaga kebersihan dirinya dan lingkungannya. Beliau tidak duduk di tempat yang gelap sampai dinyalakan lampu. Tapi, jika sudah pagi, melihat lampu tidak beliau sukai. Beliau juga sering membersihkan dirinya dari debu atau kotoran dengan menggunakan air atau sabun.

BACA JUGA:Awali Tahun Barumu dengan Penuh Warna, Coba Kunjungi Taman Bunga Celosia Merasi di Sumatera Selatan

8. Nabi Muhammad sangat hormat kepada orang tua dan guru-gurunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: