Bukan Hanya Benteng Marlborough, Ini Warisan Inggris 140 Tahun Duduki Bengkulu

Bukan Hanya Benteng Marlborough, Ini Warisan Inggris 140 Tahun Duduki Bengkulu

Bukan Hanya Benteng Marlborough, Ini Warisan Inggris 140 Tahun Duduki Bengkulu--

RADARMUKOMUKO.COM - Dalam sejarah, Inggris menjajah Indonesia hanya 5 tahun. Namun Provinsi Bengkulu diduduki Inggris cukup lama yaitu dari 1685 hingga Maret 1824 atau sekitar 140 tahun.

Selama menduduki Bengkulu yaitu 140 tahun, cukup banyak peninggalan Inggris di Bengkulu bahkan sebagian masih terawat dan dimanfaatkan sempai sekarang.

Diantara peninggalan Inggris yang penomenal adalah benteng Malborough, sekarang menjadi lokasi wisata di Kota Bengkulu, juga ada rumah dan bangunan lainnya. Selain bangunan fisik, ternyata dalam sektor bahasa juga banyak kota kata bahasa Bengkulu yang mirip bahasa inggris.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Kejar Tayang, Rampungkan Perda RTRW

Beberapa kosa kata tersebut sampai sekarang masih banyak digunakan, namun juga ada yang jarang terdengar karena terpengaruh bahasa melayu maupun bahasa indonesia lainnya.

Contoh kosa kata mirip bahasa inggris yaitu, Bal - Ball (Bola), Pakit - Packet (Kantong), Parak  - Park (kebun), Bugi - Bunggy (Kereta kuda). Terus Long - Long  (Kepanjangan), School - Skol (Sekolah), pol - Full (Penuh), Oto - Autocar (Mobil), Slit - Slate (Batu tulis). Juga trai - Try (Coba), pris - prize (Hadiah), Ruan-raun - Go Arounding (jalan-jalan) dan lainnya. 

Peninggalan bangunan dari Inggris di antaranya:

Benteng Marlborough

Pertama peninggalan Inggris yang paling terkenal dan masih kokoh sampai saat ini adalah Benteng Malborough yang dibangun sejak tahun 1713 sampai 1719 dengan nama Fort Marlborough. Berdiri di atas lahan seluas 44.100 meter persegi yang menghadap selatan. Sebelumnya ada Fort York, karena erosi laut si bangun Fort Marborough.

BACA JUGA:Bupati dan PUPR Mukomuko Komitmen Sukseskan Jalan Inpres, Hasilnya Sudah Dinikmati Masyarakat

Sekarang Benteng Marlborough menjadi tempat wisata paling terkenal di Bengkulu yang berada di tengah Kota Provinsi. 

Nama Fort Marlborough, diambil dari nama seorang pahlawan dan bangsawan Inggris yang bernama John Churchil dab Duke Marlborough 1. Dalam sebutan warga Bengkulu, Benteng ini dinamakan Malabro atau Malbro, mudah disebut sesuai dengan lidah orang daerah ini.

Benteng Anna (Fort Anne)

Benteng Anna atau Fory Anne juga salah satu benteng peninggalan Inggis yang terdapat di pesisir barat Sumatera, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: