Baru Diungkap, Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Baru Diungkap, Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Baru Diungkap, Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui--

RADARMUKOMUKO.COM - Jantung pisang adalah bagian dari pohon pisang yang berbentuk seperti jantung dan berwarna merah tua. 

Jantung pisang biasanya dijadikan bahan makanan, seperti sayur, gulai, atau asinan. Jantung pisang juga sering dijadikan lalapan, yaitu sayuran mentah yang disantap dengan sambal atau saus.

Namun, tahukah Anda bahwa selain enak, jantung pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang jarang diketahui? 

BACA JUGA:Catat Ini Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Minyak Jarak Bagi Kesehatan

BACA JUGA:Simak, Ini 9 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Agar Tetap Sehat, Simpel Namun Sangat Efektif

Jantung pisang mengandung berbagai senyawa kimia alami yang disebut fitonutrien, seperti flavonoid, terpenoid, fenol, saponin, alkaloid, dan tanin. 

Senyawa-senyawa ini memiliki efek antioksidan, antiradang, antidiabetes, antibakteri, dan antivirus yang dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Beberapa penelitian telah menunjukkan potensi manfaat jantung pisang bagi kesehatan yang jarang diketahui. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung pisang mengandung kalium yang cukup tinggi, yaitu sekitar 524 miligram per 100 gram. Kalium adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan fungsi otot jantung. 

Kalium membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi jantung pisang secara langsung atau membuat minuman dari jantung pisang. Anda juga dapat menambahkan madu atau gula merah untuk menambah rasa dan manfaatnya.

Menurunkan Tekanan Darah

Berkat kandungan kaliumnya, jantung pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: