Jengkol, Makanan Enak yang Bikin Bau Mulut? Ini Dia Cara Merebusnya Agar Wangi dan Lezat

Jengkol, Makanan Enak yang Bikin Bau Mulut? Ini Dia Cara Merebusnya Agar Wangi dan Lezat

Jengkol, Makanan Enak yang Bikin Bau Mulut? Ini Dia Cara Merebusnya Agar Wangi dan Lezat--

Keempat, rebus jengkol dengan bahan-bahan penghilang bau. Siapkan panci berisi air secukupnya dan panaskan hingga mendidih. Masukkan bahan-bahan penghilang bau, seperti kopi bubuk, daun salam, daun jambu biji, atau daun pandan. Masukkan juga garam untuk menambah rasa. Rebus jengkol selama 15-30 menit atau hingga empuk.

Kelima, angkat dan tiriskan jengkol dari air rebusan. Angkat jengkol dengan menggunakan saringan atau sendok berlubang. Tiriskan airnya hingga tidak menetes lagi. Jangan memeras terlalu keras, karena bisa merusak bentuk atau tekstur jengkol. Biarkan jengkol dingin sebelum diolah lebih lanjut.

BACA JUGA:Perang Bone Terjadi Hingga 3 Kali, Menolak Kekuasaan Belanda di Sulawesi Selatan

BACA JUGA:Dinas Pertanian Mukomuko Usul Penambahan Puskeswan

Keenam, olah jengkol sesuai dengan resep masakan yang diinginkan. Jika ingin membuat sambal goreng jengkol, goreng terlebih dahulu jengkol hingga kecoklatan dan kering. Jika ingin membuat gulai atau rendang jengkol, pipihkan terlebih dahulu jengkol dengan ulekan agar bumbunya meresap. Masak jengkol dengan bumbu-bumbu halus dan santan hingga matang dan harum.

Ketujuh, sajikan dan nikmati hidangan jengkol yang lezat dan tidak bau. Sajikan hidangan jengkol bersama dengan nasi putih hangat, lalapan, kerupuk, atau sambal. Nikmati hidangan jengkol bersama dengan keluarga atau teman-teman. Jangan lupa untuk minum air putih atau teh hangat setelah makan untuk menghilangkan bau mulut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: