Dinas Pertanian Mukomuko Usul Penambahan Puskeswan

Dinas Pertanian Mukomuko Usul Penambahan Puskeswan

Dinas Pertanian Mukomuko Usul Penambahan Puskeswan--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap hewan ternak milik masyarakat. Dinas Pertanian Mukomuko mengusulkan penambahan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di daerah ini.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, drh. Diana Nurwahyuni kepada radarmukomuko.com, Selasa, 31 Oktober 2023. 

‘’Pertimbangan utama penambahan Puskeswan, untuk meningkatkan pelayanan terhadap ternak masyarakat. Jika memungkinkan dapat terwujud untuk di 2024 mendatang,’’ kata Diana. 

BACA JUGA:Seputar Liga AAFI Nasional 2023, AFM Mukomuko Cadangkan Kekuatan Baru

BACA JUGA:Jalan Inpres di Mukomuko Sudah Bisa Dinikmati Masyarakat, Ini Reaksi Bupati dan Kadis PUPR

Dikatakan Diana, di Kabupaten Mukomuko saat ini telah memiliki 4 Puskeswan. Secara rinci, Puskeswan Penarik, Puskeswan Ipuh, Puskeswan Air Manjuto dan Puskeswan Kota Mukomuko. 

Dikatakan Diana, keberadaan Puskeswan di empat kecamatan ini telah memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan tupoksinya, memberikan pelayanan kesehatan terhadap hewan ternak milik masyarakat. 

‘’Rencana penambahan Puskeswan ini untuk wilayah Kecamatan Teramang Jaya. Sekarang kita telah memiliki empat Puskeswan, dan dari pelayanan yang dilaksanakan selama ini cukup membantu masyarakat, terutama dalam mengatasi serangan penyakit terhadap ternak dan upaya pencegahannya,’’ imbuhnya. 

BACA JUGA:Harga Beras di Mukomuko Terus Naik, Pemerintah Berupaya Menstabilkan

BACA JUGA:Wajib Diketahui Hari Ini Dua Kecamatan Wilayah Mukomuko Akan Padam Listrik Selama 4 Jam

Adapun rencana penambahan Puskeswan untuk wilayah Kecamatan Teramang Jaya dengan asalan, di wilayah ini tingkat populasi hewan ternak milik masyarakat cukup tinggi. Dikatakan Diana, selama ini pelayanan kesehatan terhadap ternak masyarakat di wilayah setempat didatangkan dari petugas dokter hewan terdekat. 

‘’Biasanya kami datangkan dari wilayah Puskeswan Penarik. Bahkan saya sendiri ikut turun ketika ada persoalan dan masalah dengan hewan ternak masyarakat di wilayah Kecamatan Teramang Jaya. Perlu dipertimbangkan, di Teramang Jaya populasi hewan ternak cukup tinggi, ketika di wilayah ini telah memiliki Puskeswan, diperkirakan dapat memberikan pelayan cepat yang memudahkan masyarakat,’’ pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: