Penghematan Lelang Proyek di Pemkab Mukomuko Capai Satu Miliar Lebih

Penghematan Lelang Proyek di Pemkab Mukomuko Capai Satu Miliar Lebih

Kepala Sekretariat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Mukomuko, Effih, ST., MT--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Hingga Oktober ini, penghematan anggaran yang dibukukan Pemkab MUKOMUKO dari proses lelang proyek tahun 2023 sebesar Rp1,3 miliar. 

Kepala Sekretariat Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Mukomuko, Effih, ST., MT kepada radarmukomuko.com, mengungkapkan, penghematan anggaran dari proses lelang Pengadaan Barang dan Jasa (BPJ) pemerintah ini berpeluang bertambah. 

‘’Catatan sementara, penghematan anggaran dari proses lelang sebesar Rp1,3 miliar. Ini berpeluang akan terjadi penambahan, karena masih ada paket proyek yang bersumber dari APBD masih dalam proses lelang,’’ kata Effih ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin, 23 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Tekankan Penyusunan APBDes 2024 Tepat Waktu

BACA JUGA:Sultan – Sapuan Satu Barisan Meriahkan HUT ke 19 DPD RI di Mukomuko

Penghematan anggaran sebesar Rp1,3 miliar yang telah dibukukan, dihitung dari pelaksanaan lelang terhadap 63 paket proyek yang telah dituntaskan. Total pagu anggaran untuk sejumlah paket proyek tersebut sebesar Rp95,7 miliar. 

‘’Dari sejumlah paket itu, pagu dananya Rp95,7 miliar, sementara nilai HPS dari tawaran rekanan senilai Rp94,4 miliar. Dari sini dapat diketahui adanya penghematan anggaran Rp1,3 miliar,’’ imbuhnya. 

Effih juga menyampaikan, saat ini masih terdapat 4 paket pekerjaan lagi yang masih dalam proses lelang. 2 paket pekerjaan dalam bentuk kegiatan jasa konsultan. 2 paket lagi berupa pekerjaan fisik, pembangunan rabat beton di 2 lokasi. 

Dijelaskan Effih, 2 paket pekerjaan non fisik, atau jasa konsultan dengan total pagu Rp593 juta. Meliputi jasa konsultan, sub pekerjaan survei kondisi jalan dan jembatan target pembangunan di Kabupaten Mukomuko dengan pagu dana Rp343 juta. Kemudian, jasa konsultan konsultasi lingkungan sebesar Rp250 juta. 

‘’Kegiatan survei jalan dan jembatan ini merupakan program Dinas PUPR, sedangkan konsultan konsultasi lingkungan ini merupakan program Dinas Kesehatan. Dua pekerjaan jasa konsultan ini masih dalam proses masa sanggah,’’ ujarnya. 

BACA JUGA:Terungkap, Kemunculan Binatang Buas di Lokasi Objek Wisata Pantai Punggur Sudah Sering Ditemukan Warga

BACA JUGA:Meriam Kuno di Mukomuko Direkomendasikan Jadi Benda Cagar Budaya

Selain itu, terdapat 2 paket pekerjaan fisik program Bidang Cipta Karya Dinas PUPR yang saat ini juga dalam proses lelang dengan total pagu Rp667 juta. 

‘’Saat ini juga sedang dalam proses lelang untuk kegiatan rabat beton. Pembangunan rabat beton jalan Perumahan Danau Nibung dan rabat beton di Desa Sendang Mulyo Penarik,’’ paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: