Bupati Mukomuko Tekankan Penyusunan APBDes 2024 Tepat Waktu

Bupati Mukomuko Tekankan Penyusunan APBDes 2024 Tepat Waktu

Bupati Mukomuko Tekankan Penyusunan APBDes 2024 Tepat Waktu--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COMBupati MUKOMUKO, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI memerintahkan pemerintah desa untuk melakukan upaya percepatan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa dan berharap APBDes 2024 dapat diselesaikan secara cepat dan tepat waktu. 

Hal ini disampaikan Bupati Sapuan usai membuka rapat koordinasi (rakor) percepatan perencanaan pembangunan desa yang diselenggarakan di aula Bappelitbangda Mukomuko, Senin, 23 Oktober 2023.

‘’Hari ini rakor pemantapan perencanaan APBDes. Kami berharap, penyusunan APBDes 2024 nanti dapat terlaksana secara cepat dan tepat waktu,’’ pinta Bupati Sapuan. 

BACA JUGA:Sultan – Sapuan Satu Barisan Meriahkan HUT ke 19 DPD RI di Mukomuko

BACA JUGA:Terungkap, Kemunculan Binatang Buas di Lokasi Objek Wisata Pantai Punggur Sudah Sering Ditemukan Warga

Untuk mencapai target percepatan penyusunan APBDes, Bupati Sapuan mengingatkan kepada Kades beserta perangkatnya untuk senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Lebih lagi ketika menemukan persoalan yang dapat memperlambat proses penyusunan APBDes. 

‘’Segera koordinasikan dengan PMD dan camat, apabila menemukan kendala,’’ pintanya. 

Percepatan penyusunan APBDes sama halnya dengan yang dituntutkan kepada kabupaten dalam penyusunan APBD. Estetika bagi desa yang berhasil menuntaskan APBDes secara cepat dan tepat waktu, akan mendapatkan penilaian secara khusus. Dikatakan Bupati Sapuan, desa yang sukses menyelesaikan APBDes tepat waktu bisa mendapatkan dana insentif dari pemerintah pusat. 

Seperti tahun ini, kata Bupati Sapuan, ada 30 desa di Kabupaten Mukomuko yang mendapatkan tambahan dana insentif dari pusat. 

Sebenarnya, pemerintah pusat memberikan tambahan anggaran ini berbasis kinerja, terutama dalam hal kecepatan dalam pelaporan pertanggungjawaban administratif anggaran kegiatan yang dikelola oleh pemerintah desa. 

‘’Oleh sebab itu, harapan kami pemerintah desa harus kompak, solid, dan bergandengan tangan betul, berkoordinasi dengan camat dan PMD sehingga dalam penyusunan APBDes nanti jangan sampai ada kendala,’’ pintanya. 

BACA JUGA:Penyerahan Anugerah Kebudayaan, Bupati Mukomuko Berharap Seni Budaya Daerah Terus Dilestarikan

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Tinjau Pendangkalan Muara Dampak El Nino, Hambat Aktivitas Pelaku Usaha Perikanan

Di samping itu, kata Bupati, dalam penyusunan RKP Desa sebagai dasar dan acuan penyusunan APBDes, juga harus memperhatikan keseimbangan program. Ditegaskannya, perencanaan kegiatan dan penganggaran APBDes juga harus mementingkan asas manfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: