Perbandingan Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Bagus mana?

Perbandingan Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Bagus mana?

Perbandingan Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Bagus mana?--

Merujuk dari berbagai sumber yang melansir Buku Aneka Masakan Telur (2005) oleh Atik Rsmiati & Tetty Y. Telur bebek miliki kandungan proteinnya cukup tinggi (13,3 persen), lebih tinggi daripada kandungan protein dalam telur ayam ras maupun telur puyuh. 

Telur bebek juga mengandung lemak sebesar 14,5 persen dan karbohidrat sebesar 0,7 persen. Telur bebek yang diminati masyarakat biasanya berupa telur bebek segar (tanpa diolah) dan telur asin. 

BACA JUGA:Berani Pedas Resep Ayam Rica-Rica, Sajian Lezat dan Nikmat Cocok Dihidangkan Makan Bareng Keluarga

BACA JUGA:Bikin Nagih! Begini Cara Membuat Soto Betawi Agar Kuahnya Gurih, Anti Gagal

Telur bebek juga biasa sebagai bahan masakan, seperti membuat kue atau bahan untuk membuat cake. Katanya telur bebek lebih gurih daripada rasa telur ayam. 

Telur puyuh

Terus bagaimana dengan telur puyuh. Dari berbagai pendapat sumber, walau ukuran kecil, telur puyuh juga kaya nutrisi. Dalam 100 gram telur puyuh atau kurang lebih 9–10 butir, nutrisi berupa Kalori: 158 kalori, lemak: 7 g, protein: 13 g, sodium 141 miligram, kalsium 65 miligram dan kalium 11 miligram.

Telur puyuh juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan dipercaya mampu mengatasi gejala alergi. 

Dikatakan juga 5 butir mengandung 6 gram protein dan 71 kalori. Maka memakan satu porsi telur puyuh, mendapatkan asupan protein yang sama dengan sebutir telur ayam. Setiap 5 butir alias seporsi telur puyuh mengandung 5 gram lemak total, yang terdiri dari 1,6 gram lemak jenuh. 

Bahkan, kandungan protein telur puyuh yang mencapai 13,1 persen lebih tinggi dari pada kandungan protein telur ayam ras yang hanya 12,7 persen dalam setiap butirnya. Telur puyuh juga mengandung lemak 11,1 persen dan karbohidrat 1 persen.

Demikian informasinya, yang pasti masing-masing telur punya penggemarnya dan rasanya memang cukup enak.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: