Perbandingan Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Bagus mana?

Perbandingan Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Bagus mana?

Perbandingan Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Bagus mana?--

RADARMUKOMUKO.COM - Telur, selain rasanya sedap dan disukai banyak orang, terlur juga menjadi sumber protein bagi manusia. Selain itu juga mudah di dapat, tahan lama dan harganya juga terjangkau.

Bicara soal telur, mungkin yang banyak diingat adalah telur ayam, padahal banyak telur lain seperti telur bebek dan telur puyuh yang juga banyak digemari.

Pertanyaannya dari tiga jenis telur dengan induk berbeda nama dan ukuran ini, seperti apa perbandingannya dan mana yang lebih baik.

Yang pasti telur ayam, telur bebek dan telur puyuh memiliki kandungan masing-masing dan bahkan gizi yang berbeda. Cara dan pemakaian dalam memasaknya juga memiliki perbedaan. 

BACA JUGA:7 Cara Mengetahui Telur Busuk, Sudah Berdarah atau Beranak, Nomor 5 Pasti Ketahuan

BACA JUGA:Penasaran, Yuk Cobain Resep Nasi Telur Hongkong, Solusi Untuk Hilangkan Rasa Enek dan Bosan Makan Telur

Namun kata kuncinya, ketiga telur ini baik, di mana telur ayam memiliki nutrisi menunjang tumbuh kembang anak atau bayi. Sedangkan telur bebek, baik dijadikan menu penambah berat badan anak apalagi untuk anak-anak yang berat badannya berada di bawah garis normal. Sementara telur puyuh, cocok menunjang tumbuh kembang bayi yang lahir prematur dan mencegah alergi yang mungkin terjadi pada anak.

Perbedaan paling menclok telur ayam, telur bebek atau bebek dengan telur puyuh adalah pada ukuran dan juga bentuknya. Telur ayam dan telur bebek ukurannya kadang ada yang sama, namun umumnya telur bebek lebih besar. Perbedaan yang cukup terlihat pada warnanya. Telur bebek agak lebih putih kebiruan, sementara untuk telur ayam warnanya kecoklatan.

Sedang telur puyuh sangat berbeda, mulai dari warna bercak-bercak hitam, cokelat, dan keabuan. Ukuran telur puyuh juga lebih mini.

Merujuk dari berbagai sumber, berikut perbandingan telur ayam, telur itik dan telur puyuh:

Telur ayam

Untuk telur ayam, ada dua pilihan, yaitu telur ayam ras dan telur ayam kampung. Untuk harga telur ayam ras lebih murah. Telur ayam ras adalah jenis telur paling mudah ditemui. Telur ayam ras salah satu sumber protein hewani. Dikatakan kandungan protein dalam telur ayam ras 12,7 persen. Selain itu, kandungan lemaknya 11,3 persen dan karbohidratnya 0,9 persen.

Sementara, dilansir dari Very Well Fit, setiap 50 gram atau sekitar 1 butir telur ayam berukuran besar mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Sementara itu, sebutir telur ayam ukuran besar (50 gram) mengandung 5 gram lemak total, dengan 1,5 gram lemak jenuh.

Telur bebek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: