Benarkah Minum Air Terlalu Banyak Setelah Makan Dapat Menyebabkan Gangguan Pencernaan?

Benarkah Minum Air Terlalu Banyak Setelah Makan Dapat Menyebabkan Gangguan Pencernaan?

Benarkah Minum Air Terlalu Banyak Setelah Makan Dapat Menyebabkan Gangguan Pencernaan?--

RADARMUKOMUKO.COM – Benarkah meminum air yang banyak setelah makan itu berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan?

Berdasarkan pada spesialis penyakit dalam dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr. Ari Fahrian Dyam, SpPD, menegaskan bahwa informasi terkait dengan minum air setelah makan dapat berbahaya bagi tubuh dan mengganggu pencernaan adalah tidak benar.

Alias, Mengonsumsi air setelah makan tidak menyebabkan masalah pencernaan apapun.

Namun sebaliknya, para ahli pencernaan dari RSCM Menganjurkan untuk minum setelah makan tetapi jangan terlalu banyak.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam lambung guna diteruskan ke usus 12 jari.

Apabila seseorang tidak minum air setelah makan dapat memicu gangguan pada lambung karena makanan yaitu diproses pada sistem pencernaan.

Kemudian, Michael F. Poco, M.D. menyatakan bahwa terdapat fakta terkait dengan minum air sebelum atau sesudah makan dapat membantu tubuh kita untuk memecahkan serta memproses makanan.

Selain itu, terdapat sejumlah fakta terkait dengan manfaat air putih setelah makan, diantaranya adalah mencegah penyakit lambung.

Seorang ahli kimia pangan internasional terkemuka, mengatakan bahwa air mineral dapat melawan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan yang mencakup organ- organ pembaca makanan.

Contohnya maag, refleks, sembelit, kanker usus, serta diare.

Kemudian, manfaat lain dari meminum air setelah makan adalah memperkuat sistem pencernaan.

Air mineral dapat mencegah sembelit serta memperkuat sistem pencernaan karena memiliki kandungan Sulfat dalam air mineral yang dapat membantu pankreas untuk melepaskan enzim pencernaan yang membantu dalam proses pencernaan makanan berat dengan mudah*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: