3 Tongkat Milik Bung Karno Peruntukanya Untuk Ini, Pernah Dipegang Fidel Castro Mengemparkan Lolos Dari Peluru

3 Tongkat Milik Bung Karno Peruntukanya Untuk Ini, Pernah Dipegang Fidel Castro Mengemparkan Lolos Dari Peluru

3 Tongkat Milik Bung Karno Peruntukanya Untuk Ini, Pernah Dipegang Fidel Castro Mengemparkan Lolos Dari Peluru--

RADARMUKOMUKO.COM - Setiap pemimpin punya style sendiri untuk menunjang penampilannya, begitupun dengan Persiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

Presiden pertama Indonesia memilki penampilan  khas yaitu  selalu mengapit tongkat komando sejak dari  tahun 1952. 

Di dalam buku Soekarno, Serpihan Sejarah Yang Tercecer yang di tulis oleh Rosa Daras, bahwa  Ir. Soekarno atau Bung Karno memiliki 3 tongkat Komando yang hampir serupa. 

Dikutip dari nasional.okezone.com ketiga tongkat tersebut dipergunakan oleh Bung Karno sesuai peruntukanya, seperti  satu tongkat yang ia bawa saat keluar negeri, satu tongkat untuk berhadapan dengan para Jenderalnya, dan satu tongkat lagi yang selalu ia bawa saat berpidato.

Namun, jika harus pergi dalam keadaan mendadak dan terburu-buru, yang sering ia bawa adalah tongkat yang dibawa saat berpidato.

Selanjutnya Roso menjelaskan kayu yang dibuat untuk tongkat  bukan kayu sembarangan melainkan kayu pilihan yaitu kayu Pucang Kalak. Pucang adalah jenis kayu, sedangkan Kalak adalah nama tempat di selatan Ponorogo, atau utara Pacitan. 

BACA JUGA:Tongkat Soekarno 'Kalau Anda pegang ini akan keluar jin', Presiden Kuba Fidel Castro Penasaran Lalu Dielus

BACA JUGA:Politik Presiden Soekarno Dinilai Kejam Saat Menjabat, Nasib 4 Tokoh Nasional Ini Menjadi Bukti

Di pegunungan Kalak terdapat tempat persemayaman keramat. Di atas persemayaman itulah tumbuh pohon Pucang.

Dari begitu banyak jenis kayu Pucang hanya pucang dari Kalak  yang memilki ciri khas tersendiri. Masyarakat kalak punya cara tersendiri untuk mengetes kayu Pucang yang baerasal dar Kalak yaitu pegang tongkat tadi di atas permukaan air.

"Jika bayangan di dalam air menyerupai seekor ular yang sedang berenang, maka berarti kayu pucang kalak itu asli. Tetapi jika yang tampak dalam bayangan air adalah bentuk kayu, itu artinya bukan pucang kalak asli tapi Pucang biasa," ungkapnya.

Adapun kisah dan sejarah tongkat Bung Karno terbuat dari Kayu Pucang Kalak  di mulai dari sini

Suatu malam Bung Karno didatangi orang dengan membawa sebalok kayu pohon Pucang Kalak yang ia potong dengan tangannya, balok itu diserahkan kepada Bung Karno.

"Untuk menghadapi para Jenderal..!! " kata orang itu. Lalu Bung Karno menyuruh salah seorang seniman Yogyakarta untuk membuat kayu itu menjadi Tongkat Komando.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: