Pemkab Mukomuko Bersyukur, Alokasi DAK Fisik 2024 Masih Bertahan Tinggi

Pemkab Mukomuko Bersyukur, Alokasi DAK Fisik 2024 Masih Bertahan Tinggi

Pemkab Mukomuko Bersyukur, Alokasi DAK Fisik 2024 Masih Bertahan Tinggi--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MUKOMUKO menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas telah ditetapkannya pagu Transfer ke Daerah (TKD) bersumber dari APBN untuk memacu pembangunan tahun 2024.

‘’Alhamdulillah, dan patut kita bersyukur pagu dana transfer pusat untuk mendukung pembangunan daerah tahun 2024, sudah ditetapkan,’’ ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si pada Jum’at, 22 September 2023. 

Patut disyukuri juga, kata Sekda Abdiyanto, dana transfer pusat berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk mendukung percepatan pembangunan fisik tahun anggaran 2024, masih bertahan tinggi.

‘’Khusus untuk DAK fisik, kita naik setingkat dibandingkan 2023. Artinya, masih bertahan tinggi,’’ ujarnya.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Belum Jamin Pembangunan Jembatan Pondok Batu Diwujudkan di 2024, Ini Alasannya

Berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI Nomor S-128/PK/2023, dapat diketahui bahwa pagu TKD untuk DAK fisik Kabupaten Mukomuko tahun 2024 sebesar Rp106,4 miliar. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan DAK fisik yang diterima daerah pada tahun anggaran 2023.  

‘’DAK fisik tahun 2023 sebesar Rp105,2 miliar. Untuk 2024 ini, sementara pagu DAK fisiknya sudah dapat diketahui sebesar 106,4 miliar,’’ ujarnya. 

Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik yang bakal dialokasikan ke Kabupaten Mukomuko untuk mendukung beberapa kegiatan. 

BACA JUGA:Mukomuko Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla dan Kekeringan

Bidang pendidikan, meliputi kegiatan revitalisasi PAUD, revitalisasi SD, revitalisasi SMP dan bangunan perpustakaan. 

DAK fisik Bidang Kesehatan, menyentuh kegiatan penguatan penurunan angka kematian ibu, bayi dan interpensi stunting. Kemudian DAK fisik untuk mendukung pengendalian penyakit dan penguatan sistem kesehatan. 

Tidak hanya itu, DAK fisik bidang jalan. Meliputi kegiatan penanganan jalan kabupaten dan jalan tematik KSPP. Selain itu, bidang irigasi dan tematik KSPP. Bidang pertanian dan tematik KSPP. Terakhir bidang kelautan dan perikanan tematik KSPP. 

‘’Dari pagu TKD yang sudah ditetapkan, menyentuh pada kegiatan beberapa bidang. Pada intinya, DAK ini sangat membantu percepatan pembanguan daerah,’’ demikian Abdiyanto. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: