5 Pahlawan Dengan Kisah Cinta Ditengah Desingan Peluru Yang Bisa Bikin Air Mata Berderai

5 Pahlawan Dengan Kisah Cinta Ditengah Desingan Peluru Yang Bisa Bikin Air Mata Berderai

Kisah cinta pahlawan nasional Bung Tomo yang bertemu kekasihnya di medan perang--

Menariknya, ketika Bung Hatta menikahi Rachmi, beliau memberikan mas kawin buku karangannya saat masih di pengasingan di Digul, dengan judul “Alam Pikiran Yunani”.

Pierre Tendean

Pierre Tendean adalah ajudan Jenderal A.H. Nasution yang kala itu menjabat Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia.

Kisah asmara Pierre Tendean, menjadi kisah percintaan yang sangat mengharukan dan menarik perhatian publik. 

Pierre Tendean terkenal memiliki paras menawan, sehingga menarik perhatian mahasiswi-mahasiswa A.H Nasution. 

Meski begitu, hatinya sudah dimiliki oleh seorang gadis Medan keturunan Jawa bernama Rukmini Chaimin, yang ditemuinya saat berdinas disana.

BACA JUGA:Kakak Beradik Dari Belanda Datang Ke Indonesia Untuk Melawah Penjajah Demi Kemerdekaan RI

BACA JUGA:Laksamana Maeda Perwira Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

Saat Pierre kembali ke Jakarta, mereka tetap rutin berkirim surat. Beliau juga sudah berencana akan menikah dengan Rukmini pada November 1965 silam.

Nahasnya, sebelum hari pernikahan tiba, yaitu tepatnya pada 1 Oktober 1965 Pierre menjadi korban salah tangkap oleh pasukan Tjakrabirawa yang menyangkanya sebagai A.H Nasution. 

Saat hari itulah menjadi hari pengabdian terakhir Pierre Tendean, begitu juga dengan rencana pernikahannya dengan Rukmini Chaimin.

Ki Hajar Dewantara

Ujian percintaan yang berat dialami Suwardi Suryaningrat atau biasa dikenal dengan Ki Hajar Dewantara saat menjalin hubungan dengan Raden Ajeng Sutartinah. 

Keduanya telah bertunangan, cintanya diuji saat kolonial Belanda mengancam menangkap Suwardi karena menulis artikel yang berjudul "Als Ik Een Nederlander was" (Andaikan Aku Seorang Belanda) di sebuah majalah resmi bernama Komite Boemi Poetra. Dalam majalah itu, Suwardi menjabat sebagai sekretaris.

Kabar ini cepat beredar. Sumardinah Martadirja melalui surat menanyakan soal itu kepada adiknya, Sutartinah, yang juga tunangan Suwardi: "Bahwa di Yogyakarta sudah tersiar kabar bahwa kangmas Suwardi hendak mencetuskan pemberontakan kepada pemerintah Hindia Belanda, tolonglah jawab, apakah berita itu benar?".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: