3 Tahun Jajah Indonesia, Ini Yang Dilakukan Jepang Bikin Rakyat Menderita Lahir Batin

3 Tahun Jajah Indonesia, Ini Yang Dilakukan Jepang Bikin Rakyat Menderita Lahir Batin

3 Tahun Jajah Indonesia, Ini Yang Dilakukan Jepang Bikin Rakyat Menderita Lahir Batin--

RADARMUKOMUKO.COM - Diawal, kekuasaan Jepang di Indonesia mendapat sambutan baik, karena Jepang datang mengaku sebagai "saudara tua". 

Bahkan Jepang melakukan penangkapan seluruh orag-orang Eropa terutama Belanda dan memberi siksaan yang kejam. Masyarakat Indonesia masih menganggap ini bentuk keseriusan Jepang membala bangsa Indonesia dan menghapus jejak penjajahan.

Namun seiring berjalan waktu semua berubah, walau terhitung singkat dibanding dengan penjajahan Belanda, namun penderitaan yang dirasakan rakyat dan kerugian dialami bangsa Indonesia tidaklah ringan.

BACA JUGA:Ternyata Musik Keroncong Peninggalan Budaya Penjajah Portugis, Ini Kisahnya yang Tetap Eksis di Indonesia

BACA JUGA:Perkebunan Teh Gunung Gambir, sisa Saksi Bisu Masa Penjajahan Belanda yang Masih Eksis Hingga Kini

Janji kemerdekaan juga digemborkan di awal kedatangan, sehingga rakyat memercayainya, ternyata semua adalah cara yang licik untuk mengelabui rakyat Indonesia. 

Berbagai tindakan penindasan, pelecehan dan kejaman mulai dilakukan pada rakyat, tanpa ampun. Berikut diantara kekejaman Jepang di Indonesia:

- Tregedi Mandor Berdarah

Tragedi Mandor berdarah adalah sebuah tragedi pembantaian yang dilakukan Jepang di Kalimantan pada tahun Juni 1944.

Pada saat itu sebuah kelompok antifasisme yang berisi para tokoh unggulan Kalimantan, kelompok tersebut digunakan untuk memata-matai gerak gerik Jepang.

Namun ternyata gerakan bawah tanah mereka ketahuan, dan terjadilah tragedi mandor berdarah.

Di mana mereka yang terlibat bahkan keluarga ikut dihukum mati, korban yang tewas pada tragedi tersebut mencapai ribuan orang.

- Romusha atau Kerja Paksa

Kekejaman Jepang yang paling dikenang dalam sejarah adalah romusha. Dimana Jepang memaksa rakyat untuk melakukan pekerjaan untuk kepentingan Jepang, seperti membangun Benteng hingga ke medan perang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: