Pulau Buton Tak Pernah Merasa Dijajah, Belanda Tak Berani Karena Dikenal Kuat dan Memiliki Peran Penting

Pulau Buton Tak Pernah Merasa Dijajah, Belanda Tak Berani Karena Dikenal Kuat dan Memiliki Peran Penting

Pulau Buton Tak Pernah Merasa Dijajah, Belanda Tak Berani Karena Dikenal Kuat dan Memiliki Peran Penting--

RADARMUKOMUKO.COM - Pulau mana di Indonesia yang tak pernah dijajah? jawabannya tentu adalah Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara yang dulunya adalah sebagai pusat kesultanan atau kerajaan Buton.

Daerah Buton sangat strategis, namun Belanda maupun negara lain tidak ada yang berani menjajahnya, karena kerajaan Buton dikenal cukup kuat.

Melansir dari berbagai sumber, sejarahnya, Kesultanan Buton dulunya Kerajaan Buton yang berdiri dari orang-orang Melayu ke wilayah Buton pada akhir abad ke-13 M. 

Ada empat tokoh Melayu yang datang namun tidak bersamaan, yaitu Sipanjongan, Sijawangkati, Simalui dan Sitamanajo yang masing-masing membawa serta para pengikutnya. 

BACA JUGA:Menjadi Provinsi dengan Wilayah Terluas, Inilah Fakta-fakta Menarik Provinsi Kalimantan Tengah

BACA JUGA:Keunikan Tradisi Serta Budaya Nusa Tenggara Barat, Mulai dari Rumah Tradisional, Kuliner hingga Alat Musik

Kesultanan Buton terletak di pulau yang strategis dengan jalur pelayaran yang menghubungkan pulau-pulau penghasil rempah di kawasan timur Nusantara.

Meskipun Portugis dan Belanda sudah masuk ke Indonesia sejak 1600-an, dua bangsa Eropa tersebut tak pernah berani menjajah Kesultanan Buton.

Kerajaan Buton sudah ada sejak abad ke 12 dan dikenal memiliki kekuatan yang tidak tertandingi. Tidak hanya itu kerajaan ini juga sangat kuat kuasanya, hingga Eropa pun tidak berani memasuki wilayah tersebut.

Karena kuatnya Buton, Belanda lebih memilih tidak melakukan perlawanan sehingga akan memudahkan juga untuk menggunakan pelabuhan.

Dan juga karena alasan itulah Buton tidak pernah dikuasai oleh Belanda.

BACA JUGA:3 Daerah di Indonesia Yang Tak Pernah Merasakan Dijajah, Belanda Tak Berani Macam-macam

BACA JUGA:Dijajah Inggris Dianggap Kebih Baik Dibanding Belanda dan Jepang, Ini Kebijakannya 5 Tahun Berkuasa

Hingga dipastikan masyarakat Buton tidak pernah mengalami sistem kerja paksa, meskipun saat itu mayoritas wilayah Indonesia sudah terjajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: